• Dewa Arya Putra

Samurai, Ksatria Jepang Zaman Dulu

Di Indonesia, arti kata samurai sering kali menjadi salah pengertian. Orang-orang Indonesia menyebut kata “samurai” berarti sebuah pedang berbilah panjang. Sebenarnya kata samurai adalah bangsawan militer abad pertengahan dan awal-modern masyarakat Jepang. Kemudian senjata pedang yang berbilah panjang tersebut bernama katana. Jadi semoga kesalah pahaman itu berhenti sampai di sini.

Pedang Katana (sc: Mario A. P./Flickr)

Baca Juga: Omiai, Tradisi Perjodohan Masyarakat Jepang


Orang Jepang sendiri menyebut samurai (侍) sebagai bushi (武士) yang secara arti tetap sama saja. Menurut penerjemah William Scott Wilson mengatakan, bahwa di China, huruf kanji samurai (侍) dalah kata yang berarti menunggu atau menemani seseorang di jajaran masyarakat. Arti tersebut sama dengan kata saburau yang ada di Jepang. Dengan kata lain kata samurai memiliki arti “mereka (orang-orang) yang melayani hadir dan dekat dengan kaum bangsawan”.

Armor dan topeng yang digunakan oleh para Samurai (sc: Ronald van der Graaf/Flickr)

Baca Juga: Cha No Yu, Tradisi Upacara Minum Teh Di Jepang


Pada masa era akhir kepemimpinan Tokugawa, samurai dialih fungsikan sebagai kaki tangan bagi daimyo (penguasa suatu wilayah). Kemudian saat reformasi Meiji yang terjadi sekitar akhir abad ke-19, samurai sudah dihapuskan dan digantikan dengan tantara nasional seperti orang-orang barat.

Perlengkapan seorang samurai (sc: Shriram Rajagopalan/Flickr)

Seorang samurai harus mengikuti beberapa aturan yang disebut sebagai Jalan Samurai atau Bushido. Ajaran bushido tersebut bahkan masih diterapkan sampai saat ini walaupun sudah tidak ada samurai. Ada 7 aturan atau kebajikan dalam bushido yaitu kesungguhan (义,gi), keberanian (勇, yu), kebajikan (仁, jin), penghargaan (礼, rei), kejujuran (诚, makoto), kehormatan (名誉, meiyo), dan kesetiaan (忠义. chūgi).


Baca Juga: Shamisen, “Gitar” Tradisionalnya Jepang


Adakah diantara kalian yang memiliki 1 atau beberapa sikap dari Bushido di atas? Mungkin kalian terlahir sebagai samurai tetapi salah negara. 😄

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com