top of page

Shamisen, “Gitar” Tradisionalnya Jepang

Shamisen (三味線) merupakan alat musik tradisional Jepang yang tergolong alat musik dawai. Maksudnya adalah alat musik yang menggunakan senar layaknya gitar dan bass. Hanya saja jumlah senar yang ada pada alat musik ini berjumlah 3 saja. Bentuknya pun mirip dengan gitar tetapi memiliki badan yang berbentuk segi 4 dengan sudut yang sedikit melengkung dan terbuat dari kayu. Lalu bagian depan dan belakang badan shamisen ini dilapisi kulit hewan yang memiliki fungsi untuk memperkeras suara senar saat di petik. Kulit hewan yang digunakan umumnya kulit perut kucing dan kulit punggung anjing. Ada juga yang terbuat dari kulit imitasi tetapi suaranya tidak sebagus kulit hewan.

2 orang Geisha sedang memainkan Shamisen (sc: Joi Ito/Flickr)

Baca Juga:


Panjang shamisen apabila dibandingkan dengan gitar memang tidak beda jauh, tetapi leher shamisen lebih kecil dan tidak memiliki fret. Senar yang digunakan juga bukan senar seperti yang ada pada gitar ataupun bass, senar yang digunakan adalah sutra. Tetapi di daerah yang bernama Tsugaru, senar shamisen yang mereka gunakan adalah serat nilon.

Alat Musik Shamisen (sc: Timothy Takemoto/Flickr)

Umumnya shamisen ini digunakan sebagai pengiring lagu (utaimono) dan pengiring cerita (katarimono). Istilah jaman sekarangnya adalah BGM atau Background Music seperti video yang kami temukan di Youtube berjudul Tsugaru Shamisen yang diupload oleh Roger Walch. Berikut adalah videonya:


Seiring berjalannya waktu, alat musik yang diperkenalkan sekitar abad ke-16 ini bisa membaur dengan alat musik modern seperti drum, gitar elektrik, dan bass. Seperti yang dilakukan oleh grup musik dengan nama Yoshida Brothers, mereka mencoba mengadaptasikan alat musik shamisen dengan alat musik modern. Hasilnya sungguh menarik, silahkan tonton video dibawah ini:

Mungkin bagi orang yang bisa bermain gitar, mereka bisa juga memainkan shamisen ini. Hanya saja perlu sedikit adaptasi karena shamisen tidak memiliki fret.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Comments


Check our Instagram

bottom of page