Tsumekaki Hon Tsuzure Ori, Teknik Tenun Tradisional Jepang Menggunakan Kuku Jari
top of page

Tsumekaki Hon Tsuzure Ori, Teknik Tenun Tradisional Jepang Menggunakan Kuku Jari

Menenun menggunakan mesin tenun? Sudah biasa. Menenun menggunakan jari tangan? Sudah Biasa. Lalu bagaimana dengan menenun menggunakan kuku jari tangan yang dipotong mengikuti alur tenunan? Itu luar biasa. Yup di Jepang ada teknik tradisional yang konon katanya sudah berusia sekitar 1000 tahun lamanya. Teknik tenun itu bernama Tsumekaki Hon Tsuzure Ori. Jika secara harfiah diartikan menjadi “Tenunan Permadani Dengan Cara Menggaruk Menggunakan Kuku”. Walaupun sebenarnya tidak hanya pada kain permadani saat menggunakan tenkin tenun ini, bisa ke segala jenis kain. Saat ini, salah satu perusahaan di Prefektur Shiga bekerja keras untuk mempromosikan hasil kerajinan kuno ini. Mereka bahkan sampai menyesuaikan dengan gaya hidup modern yang seperti sekarang.

Tsumekaki Hon Tsuzure Ori (©Instagram.com/kiyoharaorimono)

Teknik ini sangat unik dibandingkan cara menenun yang lainnya, yaitu dengan cara memotong/ membentuk kuku jari si penenun hingga bergerigi. Tujuannya adalah untuk memberikan hasil tenunan yang cantik dan detail. Perusahaan yang bernama Kiyohara Orimono membuat video yang menunjukan proses menenun menggunakan teknik Tsumekaki Hon Tsuzure Ori.

Salah satu hasil tenunan

Uniknya lagi tidak banyak orang luar maupun orang Jepang sendiri yang mengetahui kalau ada jenis teknik menenun yang seperti ini. Direktur Seiji Kiyohara dari perusahaan Kiyohara menarik perhatian orang-orang menggunakan sosial media Twitter dan dengan cepat menjadi viral saat itu. Dia bahkan menunjukan foto bagaimana cara membuat kuku menjari bergerigi.

Ada yang tertarik menggunakan teknin tenun tradisional Jepang yang satu ini? Mungkin bagi perempuan Jaman Now harus merelakan kukunya dibentuk menjadi bergerigi kalau ingin mencoba teknik menenun ini.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

bottom of page