Kasa Obake, Yokai atau Hantu Payung Yang “Kesepian”
top of page

Kasa Obake, Yokai atau Hantu Payung Yang “Kesepian”

Kali ini kita akan membahas tentang Yokai atau hantu Jepang yang bernama Kasa Obake atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Hantu Payung. Masyarakat Jepang menganggap kasa obake ini sebagai salah satu Tsukumogami (hantu yang memiliki wujud benda mati). Dalam cerita rakyat atau folklore masyarakat Jepang. Barang atau benda mati yang sudah ditinggalkan selama 100 tahun akan dirasuki oleh roh halus. Kemudian benda tersebut akan merasa seperti telah terbuang dan merasa tidak berguna lagi, alhasil dia merasa marah, kecewa bahkan sedih.

Kasa Obake (https://www.pinterest.fr/pin/526991593884465472)

Cerita ini dimulai dari sebuah payung kertas yang tertinggal di tempat penitipan payung. Sang pemilik kelupaan mengambil dan membawa pulang payung itu. Kemudian si payung menunggu sang pemilik untuk mengambilnya tetapi tak pernah kunjung datang. Karena terlalu lama, keadaan payung itu sudah mulai lapuk dan kertasnya sudah robek-robek. Hal tersebut membuat si paynng merasa “mati” karena sudah tidak berguna. “Perasaan” kesepian dan terbuang itulah yang membuat payung tersebut menjadi wadah untuk roh halus yang sedang bergentayangan. Akhirnya roh halus itu merasuki payung tersebut dan membuatnya menjadi Kasa Obake.

Ilustrasi lain dari Kasa Obake

Menurut mitologi mereka, Kasa Obake itu berbentuk payung kertas yang sudah robek-robek seperti sudah terbuang cukup lama, memiliki 1 mata dan satu mulut yang selalu menjulurkan lidah panjangnya. Bagian bawahnya membentuk seperti kaki yang menggunakan Geta (bakiak Jepang). Terkadang ada yang punya 2 tangan juga. Sebenarnya kasa obake ini tidak berbahaya walaupun akan menakut-nakuti siapapun yang lewat ataupun berpapasan dengannya. Akan tetapi tujuan dari menakut-nakutinya hanyalah untuk mencari teman bermain karena dia merasa kesepian.

Kasa Obake (sc: Indozone.id)

Kasian juga ya Kasa Obake ini. Apakah ada yang ingin bermain dengannya? XD

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

bottom of page