Tsukimi, Festival Yang Menikmati Keindahan Bulan
top of page

Tsukimi, Festival Yang Menikmati Keindahan Bulan

Apakah ada diantara kalian yang terpesona dengan keindahan bulan? Kalau gitu kebetulan, di Jepang ada festival yang menikmati keindahan bulan, Festival itu bernama Tsukimi atau Otsukimi. Mungkin kalian pernah mendengar Hanami atau Ohanami, Festival Tsukimi kurang lebih sama dengan festival tersebut, hanya saja bedanya jika Hanami melihat Bunga Sakura sedangkan Tsukimi melihat bulan. Festival ini diadakan pada musim gugur sekitar bulan September.

Full Moon In Japan (sc: halfrain/Flickr)

Hampir seluruh wilayah Jepang (tergantung cuaca masing-masing wilayah saat itu) merayakan Otsukimi. Kemudian ada sebutan Chushu no Mangetsu atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harvest Moon (Bulan panen). Hal itu dikarenakan pada bulan tersebut hampir seluruh tanaman yang sudah ditanam sebelumnya sudah siap dipanen. Dengan kata lain Festival Tsukimi bisa juga diartikan sebagai ucapan syukur atas hasil panen yang melimpah.

Makanan khas yang sering dimakan saat Tsukimi (Tsukimi Dango)

Terdapat tradisi yang menyediakan masakan khusus saat merayakan festival tsukimi. Seperti mi soba/udon dengan topping nori (rumput laut) dan telur mentah, dan diberi sentuhan akhir yaitu kuah kaldu. Mereka menyebutnya dengan Tsukimi Soba dan Tsukimi Udon (tergantung jenis mie yang digunakan). Selain itu di beberapa restoran yang ada di Jepang menyediakan menu khusus untuk musim gugur sepanjang bulan September sampai dengna Oktober. Menu khusus tersebut adalah Sandwich telur goreng yang dikenal dengan nama Tsukimi Burgers.

Tsukimi Udon (sc: Yu Morita/Flickr)
 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)


Check our Instagram

bottom of page