• Dewa Arya Putra

Tashirojima, Pulau Dengan 600 Ekor Kucing!

Apakah kalian pecinta kucing? Maka kalian akan tertarik dengan pulau yang satu ini. Pulau ini bernama Tashirojima (田代島). Tashirojima merupakan pulau kecil di Ishinomaki, Prefektur Miyagi, Jepang. Pulau ini masih dihuni oleh orang, walaupun jumlahnya hanya sekitar 100 orang. Tetapi hal yang menarik dari pulau ini adalah jumlah kucing yang jauh lebih banyak dibandingkan oleh penduduknya, yakni sekitar 600 ekor kucing. Wow berarti sekitar 6 banding 1 ya. Fakta menyedihkannya adalah 83% dari penduduk di Tashirojima ini sudah berumur rata-rata 65 tahun. Maka dari itu pulau ini disebut sebagai “desa terminal” (限界集落, genkai-shūraku) yang berarti sekitar 50% atau lebih penduduk di desa tersebut sudah berusia diatas 65 tahun. Selain itu pulai ini juga dikenal sebagai pulau Manga, karena seorang Mangaka (penulis komik/manga) bernama Shotaro Ishinomori berencana pindah ke pulau Tashirojima ini teman-teman.

Baca Juga: Mitarashi Matsuri, Festival Di Kyoto Yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Mengapa bisa ada banyak jumlah kucing liar di pulau ini? Hal tersebut dikarenakan pada akhir zaman Edo di Jepang, ada banyak pulau-pulau yang mengembang biakkan cacing sutra untuk tekstil, termasuk para penduduk pulau Tashirojima ini. Kemudian para penduduk memelihara kucing untuk mengusir hama tikus agar tidak mengganggu cacing sutra yang mereka kembang biakkan. Seiring berjalannya waktu, karena banyaknya kucing yang tidak dikebiri (pembedahan untuk menghilangkan testis untuk jantan atau ovarium untuk betina) akhirnya populasi kucing tersebut meledak.

Kucing-kucing liar (sc: Sayoko Shimoyama/Flickr)

Baca Juga: Hari Kucing di Jepang "Nyan Nyan Nyan Day"


Namun para penduduk lokal tidak merasa terusik dengan kucing-kucing ini. Hal ini pun menjadi daya tarik pulau Tashirojima sendiri, karena mendatangkan ribuan turis pertahunnya. Dalam budaya Jepang pun, kucing merupakan hewan yang dianggap membawa keberuntungkan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kucinglah yang membuat Sebagian besar pulau Tashirojima tidak hancur akibat gempa bumi dan tsunami Tohoku yang terjadi pada tahun 2011.

Manekineko (sc:Bong Grit/Flickr)

Baca juga: Masyarakat Jepang dan Waktu


Di tengah-tengah pulau Tashirojima ini terdapat Kuil Kucing (Neko-jinja (猫神社)). Kuil ini dibangun karena pada suatu hari para nelayan mengumpulkan bebatuan untuk digunakan menjaring ikan (pada zaman itu penangkapan ikan dengan jaring merupakan metode yang populer), tidak sengaja menyenggol batu yang ada didekatnya dan menewaskan seekor kucing. Kemudian para nelayan merasa kasihan dan menguburkannya dilokasi dekat kuil kucing tersebut.

Cat Shrine (sc: https://matcha-jp.com/vn/6750)

Kalian tertarik untuk mengunjungi Pulau Tashirojima ini? Jangan lupa, belajar Bahasa Jepang dulu ya sebelum ke pulau ini.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com