Hari Kucing di Jepang "Nyan Nyan Nyan Day"


Halo, Apakah kalian punya kucing dirumah? Pernah nggak kalian merayakan peringatan Hari Kucing? Kalau belum pernah, Mimin mau ngasih tau info tentang Hari Kucing nih, terutama Hari Kucing di Jepang ya. Berikut adalah 4 hal tentang Hari Kucing di Jepang,


1. Kapan Hari Kucing di Jepang?

vedanti pixabay.com

Hari Kucing atau jika dalam bahasa Jepang yaitu "Neko no Hi" (猫の日) atau disebut juga Nyan Nyan Nyan Day, secara internasional peringatan Hari Kucing jatuh pada setiap tanggal 8 Agustus, akan tetapi jika kalian berada di Jepang maka peringatan akan jatuh pada tanggal 22 Februari. Tidak hanya di Jepang yang berbeda, sebagai contoh adalah negara Russia yang memperingati pada 1 Maret, dan Amerika pada 29 Oktober.


2. Kenapa disebut Nyan Nyan Nyan Day?

Meong - Meow - ニャ~/ニャン

Setiap negara pasti memiliki kata tiruan bunyi untuk hewan, contohnya: guk, meong, mbeek, dll. Sama dengan halnya di Jepang. Kalau dalam bahasa Indonesia kata tiruan untuk suara kucing adalah 'meong', kalau di negara barat 'meow', tapi kalau di Jepang biasanya 'nyaa' atau 'nyan'.

Baca Juga: Fakta unik tentang Gunung Fuji, salah satu ikon Negara Jepang


3. Kenapa jatuh pada tanggal 22 Februari?

Pemilihan tanggal 22 Februari bukanlah asal pilih, namun terdapat banyak sejarah dibaliknya. Tepatnya pada tahun 1987 diadakan survei kepada ribuan masyarakat Jepang untuk memilih hari kucing. Pada saat itu kebanyakan hasil survei jatuh pada 22 Februari.

Pitsch pixabay.com

Tidak semata hanya memilih tanggal tetapi ada arti dibalik angka 22-2. Angka 'dua' dalam bahasa Jepang dibaca 'ni' dan bunyi 'ni' mirip dengan 'nyan', maka dari itu tanggal 22 Februari (22-2) cocok dengan penamaan Nyan Nyan Nyan Day ini. Alasan kedua adalah, untuk menghormati kucing bernama Miki, yang telah menempun perjalanan sejauh 222mil untuk bertemu dengan keluarganya.


Baca Juga: Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa Pemerintah Jepang


4. Apa saja keseruan di Hari Kucing?



Kalau kalian berkunjung ke Jepang pada saat peringatan Hari Kucing dan berkunjung ke cafe setempat dan memesan makanan atau minuman, biasanya kalian akah disuguhkan dengan makanan dan minuman yang bertemakan kucing lho. Contohnya adalah minuman dengan topping whiped cream yang diberi hiasan yang menyerupai telinga kucing, sehingga tampak seperti kepala kucing..


Tidak hanya itu, bahkan sekarang sudah banyak kafe kucing (Cat Cafe / Neko Cafe) di Jepang, di Kafe tersebut kita tidak hanya memesan makanan atau minuman dengan tema kucing, namun kita juga bisa bermain dan berfoto dengan kucing kucing yang ada disana dan mengupload nya ke sosial media kalian lho..


Baca juga: Masyarakat Jepang dan Waktu

Jadi itulah beberapa hal mengenai Hari Kucing di Jepang "Nyan Nyan Nyan Day". Gimana? jadi pingin ke Jepang? tapi jangan lupa belajar bahasa Jepang dulu ya biar ga bingung kalau disana xD

by: Tsubomi House

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jl. Wisma Tirta Agung Asri II / 108,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com