• Dewa Arya Putra

Mitarashi Matsuri, Festival Di Kyoto Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Terdapat banyak festival di Kyoto yang memiliki sejarah lebih dari ratusan bahkan ribuan tahun, seperti festival Gion, Aoi, dan Jidai. Akan tetapi festival-festival tersebut hanya bisa di tonton dan dinikmati saja. Para pengunjung tidak bisa ikut serta dalam festival tersebut. Tapi tenang saja! Ada salah satu festival yang para pengunjungnya bisa ikut serta, nama festival itu adalah Mitarashi Matsuri.

Suasana Mitarashi Matsuri (https://kyoto-tabiya.com/blog_rakuchu/下鴨神社の御手洗祭%e3%80%802016年)

Mitarashi Matsuri ini diadakan di Kuil Shimogamo pada pertengahan musim panas sekitar akhir bulan Juli. Kuil Shimogamo ini bahkan sudah terdaftar sebagai salah satu Warisan Dunia yang mewariskan alam dan budaya sejak periode Heian oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Upacara/festival ini pertama kali diadakan pada zaman Heian (sekitar tahun 794M-1184M) sebagai upacara penyucian diri akibat dosa-dosa yang pernah dilakukan. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar ¥200 untuk ikut serta dalam acara ini. Kalian juga akan mendapatkan lilin kecil yang nantinya akan dinyalakan saat malam hari dan diletakan pada sebuah tempat di dekat Kolam Mitarashi. Setelah meletakan lilin dan mengucapkan doa, pengunjung akan mendapatkan segelas air dari mata air bawah tanah yang jernih untuk di minum.


Baca Juga: Ramainya Perayaan Gion Matsuri di Kyoto


Cara Penebusan Dosa Menggunakan Ofuda

Pertama-tama anda akan menerima kertas kecil yang disebut dengan Ofuda. Kemudian kalian akan menuliskan nama dan umur kalian di kertas tersebut lalu masukan ke dalam kotak kecil. Kotak tersebut berada di depan Kuil Inoue yang dimana ada sebuah sumur yang menjadi hulu/sumber mata air dari Sungai Mitarashi. Air sungai tersebut terasa sejuk karena berasal dari mata air bawah tanah. Tidak hanya sejuk, air tersebut terlihat sangat jernih.

Keluarga Yang Melakukan Penebusan Dosa (https://sharing-kyoto.com/event_mitarashi_festival/story)

Baca Juga: Tenjin Matsuri, Festivalnya Dewa Sugawara Michizane


Highlight Mitarashi Matsuri

Para pengunjung akan disuguhkan nuansa yang benar-benar cantik dengan cahaya-cahaya lilin. Pengunjung juga diperkenankan merendamkan kaki kalian di kolam Mitarashi. Terkadangg kalian juga akan menemukan beberapa anak kecil yang bermain-main air yang sebenarnya itu dilarang. Tetapi ya mau bagaimana lagi namanya juga anak kecil.

Highlight Mitarashi Matsuri (https://www.discoverkyoto.com/event-calendar/july/mitarashi-sai-shimogamo-shrine)

Apabila kalian berkunjung ke Kyoto diantara bulan Juli dan Agustus. Jangan lupa datang dan menikmati festival ini. Kalian juga dapat ikut serta dalam festival jika berminat.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jl. Wisma Tirta Agung Asri II / 108,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com