• Dewa Arya Putra

Noh, Teater Musikal Jepang Tertua

Kali ini kami akan membahas tentang teater Jepang. Teater Jepang lagi? Yup karena di Jepang ada banyak teater 2 diantaranya sudah pernah dibahas. Lalu kali ini akan membahas teater musikal Jepang yang tertua dibandingkan lainnya, namanya adalah Noh. Mengapa saya menyebutnya tertua, itu karena naskah tertua yang telah ditemukan berasal dari abad ke-14.

Pemain Noh (sc: Aleksandar Bondikov/Flickr)

Baca Juga: Ningyou Joruri, “Wayang Golek” Tradisional Jepang


Teater noh yang sering disebut dengan nougaku ((能楽) adalah teater musikal yang ceritanya tidak hanya dibawakan melalui dialog saja, tapi juga menggunakan utai (謡, nyanyian), hayashi (囃子, iringan musik). dan mai (舞, tarian). Aktor atau pemain teater noh saat tampil akan mengenakan kostum jenis sutra yang berwarna warni dan menggunakan topeng. Topeng-topeng yang digunakan mencerminkan tokoh yang ada pada cerita itu. Tidak semua pemain menggunakan topeng tetapi peranan topeng tersebut sangat penting dalam teater noh ini.

Topeng-topeng yang digunakan untuk pentas Noh (sc: sigusr0~Flickr)

Baca Juga: Kabuki, Pertunjukan Teater Jepang Klasik


Cerita-cerita yang dibawakan dalam teater noh umumnya menceritakan tentang kaum kelas atas tetapi disisipi dengan pesan moral. Tidak jarang juga ceritanya diadaptasi dari legenda, cerita sejarah, sastra, dan cerita yang ada pada zaman itu sendiri. Gerakan-gerakan tarian noh benar-benar teratur sesuai dengan lagunya, Geraknnya pelan nan indah, menggunakan kata-kata yang puitis, berkostum pakaian yang elit dan berlapis-lapis.

Baca Juga: Samurai, Ksatria Jepang Zaman Dulu


Noh ini dibuat dan diperkenalkan oleh seorang bernama Zeami (世阿弥) dari zaman Muromachi. Berkat karyanya pemerintah pada zaman itu mulai tertarik untuk membuat perlindungan terhadap seni. Tetapi karena suatu alasan Zeami diasingkan oleh pemerintah ke pulau bernama Sado. Kemudian pada zaman pemerintahan Tokugawa, mereka kembali mengangkat teater noh ini dan membuatnya sebagai seni upacara yang resmi sampai-sampai pemerintah mengeluarkan peraturan agar teater noh memiliki standar yang baik sehingga dapat bertahan sampai saat ini. Berikut adalah video yang kami temukan tentang pementasan teater noh yang ada di Kyoto.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com