• Dewa Arya Putra

Wapuro, Komputer Yang Merubah Huruf Jepang Menjadi Romaji

Wapuro sebenarnya merupakan sebuah akronim dari Waado Purosessa (ワードプロセッサー) atau dalam bahasa Indonesia berarti Prosesor Kata. Ada juga yang menyebut komputer ini dengan Wapuro Romaji (ワープロローマ字) yang berarti prosesor kata romaji. Wapuro sebenarnya memiliki nama formalitasnya sendiri yaitu Romaji Kana Henkan (ローマ字仮名返還) yang secara harfiah berarti konversi huruf kana ke romaji.

Wapuro WordPal 160 (sc: tabajara-labs.blogspot.com)

Baca Juga: Chuunibyou, “Penyakitnya” Anak Kelas 2 SMP Jepang


Sesuai dengan namanya, wapuro berfungsi sebagai pengejaan huruf kana (huruf katakana maupun hiragana) kemudian dirubah menjadi huruf romaji. Kemudian keyboard yang digunakan adalah keyboard QWERTY seperti yang digunakan di komputer orang barat. Seiring berjalannya waktu wapuro sudah digantikan dengan komputer yang ada pada zaman sekarang. Bahkan sekarang di smartphone pun sudah ada fungsi yang sama seperti wapuro. Sehingga sekarang sudah tidak digunakan lagi dan dimuseumkan.

Wapuro (sc: twitter.com)

Baca Juga: Daisugi, Teknik Penanaman Pohon Yang Kreatif Berasal Dari Jepang


Sisi negatif atau kekurangan dari wapuro ini adalah tidak bisa membedakan bunyi panjang pada sebuah kata. Contohnya adalah wapuro tidak bisa membedakan penyebutan “oo” dengan “ou”. Misalnya kata おう, kata tersebut bisa diartikan menjadi 2 makna, pertama 王 (ō, raja) dan yang kedua 追う (ou, mengejar/to chase). Jika kita input ke dalam wapuro, keduanya tetap dibaca ou. Walaupun secara tulisan memang benar, tetapi dalam penyebutan terdengar berbeda.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Ruko Puri Gunung Anyar Regency Blok R-7

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com