• Dewa Arya Putra

Chuunibyou, “Penyakitnya” Anak Kelas 2 SMP Jepang

Siapa disini yang pernah mendengarkan istilah chuunibyou? Bagi para wibu pastinya pernah dengar istilah itu kan. Bahkan istilah chuunibyou ini digunakan pada salah satu judul anime yang populer pada masanya yaitu “Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai”. Dan ada beberapa anime ataupun drama Jepang lainnya yang memiliki pemain utama dengan latar belakang chuunibyou.

Anime yang menceritakan pengidap Chuunibyou tetapi ingin merasakan cinta (sc: kanalpengetahuan.com)

Apa sih Chuunibyou itu? Jika ditulis dengan kanji, Chuunibyou terdiri dari 3 huruf kanji yaitu 中二病 yang sebenarnya akronim dari 「中学生二年生の病気」artinya adalah ”penyakit anak kelas 2 SMP”. Walaupun disebut “penyakit”, chuunibyou sebenarnya merupakan sebuah delusi. Delusi di mana para pecinta anime atau orang-orang Jepang menyebutnya dengan Otaku memiliki kepercayaan bahwa dirinya punya pengetahuan tersembunyi, kekuatan rahasia ataupun hal-hal yang sebenarnya hanyalah fiksi. Dan para pengidap chuunibyou ini memang kebanyakan siswa/siswi SMP kelas 2.


Baca Juga: Kodo, Upacara Tradisional Menghirup Wangi Dupa Di Jepang


Penyebab banyak anak yang mengidap chuunibyou adalah karena mereka terlalu banyak menonton anime ataupun drama yang bergenre fantasi. Karena terlalu banyaknya mereka menonton genre fantasi itulah mereka meyakinkan diri kalau mereka juga mempunyai kekuatan yang aneh. Seperti menembakan bola api dari tangan, bisa teleportasi (berpindah tempat secara instan), mengontrol angin, dan kekuatan-kekuatan yang hanya ada dalam cerita fiksi dan fantasi saja.

Ilustrasi Chuunibyou (sc: Picky Ravy/Flickr)

Seiring perkembangan waktu, istilah chuunibyou juga mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah pengidapnya tidak hanya pada anak SMP kelas 2 saja. Sehingga muncullah istilah Kounibyou (高二病) yang berarti “Penyakit SMA kelas 2” dan Shounibyou (小二病) yang berarti “Penyakit SD kelas 2”.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Ruko Puri Gunung Anyar Regency Blok R-7

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com