top of page

Valentine di Jepang Berbeda dari Valentine yang Biasa Kita Ketahui!

Valentine adalah hari kasih sayang yang sangat dikenal di seluruh dunia dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Namun, di Jepang, ternyata memiliki tradisi dan budaya yang berbeda dari Valentine yang kita ketahui.

Seorang perempuan yang memberikan cokelat
Seorang perempuan yang memberikan cokelat

Di Jepang, biasanya perempuan akan memberikan hadiah kepada pria yang mereka sukai atau berharap untuk berkencan dengannya loh. Hal ini tentunya sangat jarang terjadi di negara lain, di mana biasanya pria yang memberikan hadiah pada perempuan. Hadiah yang deberikan biasanya berupa kado, seperti cokelat atau bunga, kepada teman-teman dan pacar mereka. Tapi ada satu hal yang berbeda, perempuan juga memberikan kado kepada atasannya dan bahkan bos mereka. Ini merupakan bentuk rasa terima kasih dan juga untuk mempererat hubungan kerja.


Baca juga: Cokelat di Jepang, Bukan Cuma Hadiah Valentine Biasa


Lalu, ada tradisi menulis surat cinta rahasia yang disebut "Nameless Letter." Siapa pun bisa menulis surat dan menyimpannya di tempat rahasia di kantor, sekolah, atau tempat kerja lain. Biasanya, pada akhir bulan Februari, surat-surat rahasia ini akan dibagikan kepada penerima yang dituju. Selain itu, Jepang juga memiliki hari kasih sayang lain yang disebut “White Day”, yang jatuh pada tanggal 14 Maret. Pada hari tersebut, pria yang menerima hadiah pada Valentine harus membalas dengan hadiah yang lebih besar atau sepadan.


Budaya dan tradisi Valentine di Jepang ini menjadi hal yang unik dan jarang diketahui orang luar. Jadi, sekarang kamu sudah tahu kalau Valentine di Jepang bukan cuma soal kado dan bunga, tapi juga tradisi unik yang mempererat hubungan. Kalau kamu gimana? Sudah ada rencana untuk valentine tahun ini? Atau kamu ingin memberikan cokelat kepada temanmu orang Jepang? Wah, jangan lupa buat belajar bahasa Jepang dulu ya. Kamu bisa belajar melalui internet ataupun lembaga kursus dengan biaya kursus yang terjangkau seperti di Tsubomi House TLC. Semoga beruntung!

 

Penulis: Alid Ramadhan

Editor: Alid Ramadhan



39 tampilan0 komentar

Comments


Check our Instagram

bottom of page