Irezumi, Seni Tato Dari Jepang
top of page

Irezumi, Seni Tato Dari Jepang

Irezumi (入れ墨) adalah sebutan untuk tato dalam bahasa Jepang. Seperti yang kita tahu kalau tato itu menggambar sesuatu ke tubuh manusia. Beberapa orang ada yang menganggap tato merupakan hal yang estetik. Tetapi beberapa ada orang yang menganggap kalau orang-orang yang bertato adalah orang yang kasar, berperilaku buruk bahkan sampai dianggap kriminal ataupun mantan kriminal. Kalau di Indonesia sendiri, tato memiliki makna yang sebagian besar negatif. Karena secara agama memang dilarang.

Irezumi (sc: Matti Senju Sedholm/Flickr)

Irezumi merupakan tato tradisional Jepang yang kurang lebih sudah berumur 1700 tahun. Dengan kata lain irezumi sudah masuk ke Jepang sejak abad ke-3. Irezumi juga diyakini datang dari negeri tetangganya yaitu China. Kemudian pada zaman Edo, irezumi pernah dianggap tabu dan digunakan sebagai penanda untuk para penjahat. Tidak heran jika orang-orang selalu berusaha menjauhi orang yang bertato atau irezumi. Sampai-sampai ada aturan yang melarang orang yang memiliki irezumi di tubuhnya untuk bekerja maupun masuk ke tempat-tempat tertentu.

Irezumi Berbentuk Katana (sc: Gasen Jiro/Flickr)

Akhir-akhir ini irezumi semakin populer di kalangan remaja Jepang. Karena menurut mereka irezumi dianggap sebagai sebuah seni lukis hanya saja medianya pada tubuh manusia. Orang Jepang pun menganggap kalau irezumi memiliki sesuatu yang mistis. Maka dari itu pada abad ke-19 lebih dikhususkan untuk petugas pemadam kebakaran sebagai bentuk perlindungan spiritual.

Irezumi pada ke 2 sampai ke dadaLengan (sc: Ben Linero/Flickr)

Walaupun irezumi semakin populer di Jepang, mereka tetap membutuhkan keberanian untuk memasang irezumi di tubuh mereka. Karena sebagian besar orang masih mengecap irezumi sebagai cerminan hal yang buruk. Tidak jarang juga orang yang memasang irezumi di tubuhnya mendapatkan diskriminasi dari masyarakat.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)


99 tampilan0 komentar

Check our Instagram

bottom of page