• Dewa Arya Putra

Irezumi, Seni Tato Dari Jepang

Irezumi (入れ墨) adalah sebutan untuk tato dalam bahasa Jepang. Seperti yang kita tahu kalau tato itu menggambar sesuatu ke tubuh manusia. Beberapa orang ada yang menganggap tato merupakan hal yang estetik. Tetapi beberapa ada orang yang menganggap kalau orang-orang yang bertato adalah orang yang kasar, berperilaku buruk bahkan sampai dianggap kriminal ataupun mantan kriminal. Kalau di Indonesia sendiri, tato memiliki makna yang sebagian besar negatif. Karena secara agama memang dilarang.

Irezumi (sc: Matti Senju Sedholm/Flickr)

Baca Juga: Bonsai, Tanaman Hias Yang Berbentuk Kerdil


Irezumi merupakan tato tradisional Jepang yang kurang lebih sudah berumur 1700 tahun. Dengan kata lain irezumi sudah masuk ke Jepang sejak abad ke-3. Irezumi juga diyakini datang dari negeri tetangganya yaitu China. Kemudian pada zaman Edo, irezumi pernah dianggap tabu dan digunakan sebagai penanda untuk para penjahat. Tidak heran jika orang-orang selalu berusaha menjauhi orang yang bertato atau irezumi. Sampai-sampai ada aturan yang melarang orang yang memiliki irezumi di tubuhnya untuk bekerja maupun masuk ke tempat-tempat tertentu.

Irezumi Berbentuk Katana (sc: Gasen Jiro/Flickr)

Baca Juga: Semangka Kotak, Salah Satu Bentuk Kreativitas Bidang Pertanian Jepang


Akhir-akhir ini irezumi semakin populer di kalangan remaja Jepang. Karena menurut mereka irezumi dianggap sebagai sebuah seni lukis hanya saja medianya pada tubuh manusia. Orang Jepang pun menganggap kalau irezumi memiliki sesuatu yang mistis. Maka dari itu pada abad ke-19 lebih dikhususkan untuk petugas pemadam kebakaran sebagai bentuk perlindungan spiritual.

Irezumi pada ke 2 sampai ke dadaLengan (sc: Ben Linero/Flickr)

Walaupun irezumi semakin populer di Jepang, mereka tetap membutuhkan keberanian untuk memasang irezumi di tubuh mereka. Karena sebagian besar orang masih mengecap irezumi sebagai cerminan hal yang buruk. Tidak jarang juga orang yang memasang irezumi di tubuhnya mendapatkan diskriminasi dari masyarakat.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)


Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Ruko Puri Gunung Anyar Regency Blok R-7

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com