• Dewa Arya Putra

Semangka Kotak, Salah Satu Bentuk Kreativitas Bidang Pertanian Jepang

Semangka kuning? Sudah umum. Semangka tanpa biji? Sudah umum juga. Pernah liat semangka berbentuk kotak? Jarang sepertinya ya. Kreativitas/inovasi orang Jepang di bidang pertanian ini pernah booming pada waktu itu. Siapa yang menyangka kalau buah semangka yang alaminya berbentuk bulat bisa disetting menjadi kotak. Tidak hanya kotak saja, bahkan ada yang piramid, hati, dll.

Heart Watermelon (sc: travel.tribunnews.com)

Baca Juga: Bonsai, Tanaman Hias Yang Berbentuk Kerdil


Semua ini berawal dari seorang petani di pulau Shikoku kota Zentsuji sekitar barat daya negara Jepang. Petani tersebut berpikir bagaimana cara menyimpan semangka berbentuk bulat yang menyisakan banyak ruang kosong tetapi tidak bisa diisi. Dengan kata lain dia membuat semangka berbentuk kotak agar bisa menciptakan ruang penyimpanan yang menghemat tempat.

Square Watermelon (sc: Catherine/Flickr)

Baca Juga: Mainichi Shinbun, Kertas Koran Yang Bisa Berubah Menjadi Tanaman Hidup


Sebenarnya semangka kotak ini memiliki cara penanaman dan perawatan yang sama dengan semangka umumnya. Tetapi ada 1 tahap yang ditambahkan saat menanamnya, yaitu dengan meletakan kaca atau akrilik berbentuk kotak pada buah semangkanya sehingga “memaksa” buah semangka tersebut menjadi kotak sesuai dengan tempatnya. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan semangka biasanya. Bedanya adalah harga semangka yang berbentuk “nyeleneh” justru lebih tinggi, bisa mencapai 3 kali lipat dari harga semangka yang bulat.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Ruko Puri Gunung Anyar Regency Blok R-7

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com