• Dewa Arya Putra

Mainichi Shinbun, Kertas Koran Yang Bisa Berubah Menjadi Tanaman Hidup

Kreativitas tanpa batas, begitulah kata para pebisnis. Kreativitas memang terkadang membuat kita mind blown sampai-sampai kita berpikir “kok bisa buat begituan ya?”. Bahkan sekarang ada kertas koran yang bisa berubah menjadi tumbuhan hidup apabila ditanam. Perusahaan koran asal Jepang bernama Mainichi Shinbun telan menciptakan inovasi yang sungguh kreatif ini.

Inovasi ini diberi nama Green Newspaper atau bahasa Indonesianya koran hijau. Inovasi green newspaper ini sebenarnya kerja sama antara Mainichi Shinbun dengan Dentsu Inc. Mereka menggunakan kertas yang bisa terurai secara alami dan menyatu dengan alam, bahasa ilmiahnya adalah kertas bio-degredable. Mereka menggunakan air, rumput, biji-bijian, serta beberapa bibit bunga seperti aster, poppy, ataupun mawar sebagai komponen kertas bio-degredable yang mereka gunakan.


Baca Juga: Bonsai, Tanaman Hias Yang Berbentuk Kerdil


Berkat inisiatif Mainichi Shinbun tersebut bisa meningkatkan kesadaran anak-anak tentang masalah lingkungan dan mengajarkan betapa pentingnya daur ulang untuk masa depan. Ini adalah salah satu solusi untuk mengurangi polusi akibat banyaknya karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan oleh asap kendaraan ataupun asap pabrik. Kami harap koran-koran yang ada di Indonesia juga menerapkan sistem seperti ini kedepannya.

Cara mengubah kertas bio-degredable menjadi tanaman sangatlah mudah. Robek kertas tersebut kemudian tanam di media tanah yang ada lalu siram secara rutin layaknya menanam tumbuhan biasa. Setelah beberapa minggu kertas tersebut akan berubah menjadi tanaman tergantung bahan yang digunakan pada kertas itu sendiri.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com