• Dewa Arya Putra

Thorn Þ, Huruf Alfabet Inggris Kuno Yang Hampir Punah

Sejauh ini kalian diajarkan sejak SD atau mungkin TK bahwa huruf alfabet berjumlah 26. Dimulai dari huruf A sampai dengan Z. Bahkan ada lagu anak-anak yang mengajarkan 26 huruf alfabet ini. Jumlah alfabet yang dulu sebenarnya ada lebih dari 26 huruf. Beberapa diantaranya sudah tidak digunakan lagi dan beberapa masih digunakan tetapi di negara tertentu.

Icelandic Orthography (sc: Wikimedia.ord)

Baca Juga: Imperial System, Satuan Ukur Yang Dipakai Amerika Sampai Sekarang


Contohnya adalah huruf Thorn (Þ). Huruf Thorn dibunyikan mirip dengan penyebutan “Th”. Misalnya seperti kata “The”, “This”, “That”, dll. Huruf ini sedikit demi sedikit mulai jarang digunakan. Tetapi di Negara Islandia, mereka masih menggunakan huruf ini.

Latin Letter Thorn (sc: Wikipedia)

Baca Juga: Apa Sih AM Dan PM Itu?


Tetapi mesin ketik konvensional tidak ada huruf Thorn ini. Karena mesin ketik pada waktu itu diimpor dari Jerman dan Italia, kedua negara tersebut tidak menggunakan/memiliki huruf Thorn. Maka sebagai gantinya mereka menggunakan huruf Y.

Ye Olde Naked Man Cafe (sc: davekpcv/Flickr)

Misalnya kata “Ye Olde”. Meskipun tertulis Ye tetapi pembacaannya tidak seperti itu tetapi “The”. Sebenarnya masih ada banyak huruf alfabet yang sudah “memudar tergerus zaman”. Kalian tahu huruf apa aja itu?

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram