Shikaribetsu-ko Kotan, Desa Es di Jepang.


Shikaribetsu-ko Kotan, Desa Es di Hokkaido, Jepang.

Hokkaido merupakan pulau nomor dua terbesar di Jepang. Pulau ini terletah di bagian utara Negara Jepang. Musim dingin di pulau ini terbilang cukup lama, terkadang kurang lebih sampai 6 bulan lamanya. Terdapat banyak event musim dingin yang menarik untuk dikunjungi apabila anda ingin pergi ke Jepang, salah satunya adalah Shikaribetsu Ice Village atau dalam Bahasa Jepang disebut dengan Shikaribetsu-kotan.


Baca Juga: Obon, Festival Menyambut Arwah


Shikaribetsu-ko


Event ini diadakan di sekitar tengah Pulau Hokkaido, tepatnya di Shikaribetsu-ko (Danau Shikaribetsu). Bagi yang belum mengetahui letak danau ini, Shikaribetsu terletak di Shikaoi, atau sekitar 40 kilometer dari kota besar yang terdekat yaitu Obihiro. Danau Shikaribetsu berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Pesona dari danau ini adalah deretan pegunungan yang mengelilinginya. Salah satu gunung yang terkenal bernama Tenbou Zan, atau masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Kuchibiru Yama (Gunung Bibir). Alasan mengapa diberikan nama Kuchibiru Yama adalah karena memang bentuknya seperti bibir manusia.

Tenbou-Zan or Kuchibiru Yama, Kota Kamishihoro, Hokkaido

Lake Shikaribetsu Ice Village / Shikaribetsuko Kotan


Ketika memasuki musim dingin, permukaan danau ini akan membeku kira-kira setebal 1 meter sehingga bisa dilalui orang di atasnya. Kemudian para penduduk beserta pegawai Nature Center yang berada di Shikaribetsu bersama-sama membangun desa kecil yang seluruhnya terbuat dari es dan salju. Mereka menyebut desa itu dengan nama Ice Village atau Igloo Village. Es dan salju yang telah di bangun tidak akan meleleh karena suhu di daerah tersebut mencapai -2 ℃ sampai dengan suhu terdinginnya mencapai -20 ℃.

David McKelvey/Flickr

Baca Juga: Festival Sapporo White Illumination


  • Ice Bar

Selain rumah-rumah yang terbuat dari es dan salju. Mereka juga membangun Ice Bar yang bagian dalam dan luar bangunannya juga terbuat dari es. Bahkan tempat duduk dan mejanya juga terbuat dari es dan salju. Di Ice Bar ini mereka menjual berbagai minuman seperti bir, sake, minuman bersoda, vodka, wine, dll. Gelasnya pun terbuat dari bongkahan es.

Selain itu, terdapat pula Ice Theater yang memutar video selama pembuatan desa es itu sendiri. Tidak jarang juga, pihak Nature Center memanggil artis lokal untuk menunjukan performanya di dalam Ice Bar.


Meja dan kursi yang terbuat dari es dan salju
  • Onsen

Tidak hanya Ice Bar, di atas Danau Shikaribetsu Kotan juga terdapat Onsen atau pemandian air panas. Bisa bayangkan rasanya berendam di air panas di tengah udara yang dingin? pastinya nikmat sekali.

Shikaribetsu-ko Onsen

Baca Juga: Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa dari Pemerintah Jepang


Akses ke Shikaribetsu-ko


Apabila dari Stasiun Obihiro, anda bisa menggunakan Tokachi Bus selama kurang lebih 90 menut, Tersedia keberangkatan pada jam 7:52, 11:00, 14:00, dan 16.30. Kemudian kalau anda menginap di Hotel Fusui yang terletak persis di tepi danau, mereka menyediakan layanan penjemputan gratis.


Jika berangkat dari Stasiun Sapporo, anda bisa menaiki kereta Shinkansen Ozora atau Shinkansen Tokachi sampai Stasiun Obihiro. Lama perjalanan dari Stasiun Sapporo Sampai Stasiun Obihiro sekitar 2,5 jam dengan ongkos kira-kira ¥6700 atau sekitar Rp. 870.000 (harga tergantung kurs Yen ketika Anda di sana).


Nah, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Pastinya jangan lupa untuk belajar Bahasa Jepang dulu ya biar nggak tersesat disaat perjalanan hhe.. Kalian bisa melihat program kursus bahasa Jepang yang Tsubomi House TLC tawarkan di sini.


(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jl. Wisma Tirta Agung Asri II / 108,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com