top of page

Setelah Matahari Buatan, China Juga Akan Buat Bulan Yang 8x Lebih Terang Dari Bulan Asli

Setelah Matahari Buatan, sekarang Bulan Buatan? Ilmuwan China memang pinter banget buat inovasi-inovasi yang unik. Kalau rencana Matahari Buatan China tersebut menggunakan reactor fusi nuklir dan memerlukan sebuah tempat khusus untuk menampung panas yang bisa mencapai 150 juta derajat celcius. Sedangkan rencana Bulan Buatan ini berupa satelit yang diluncurkan keluar angkasa dan menggunakan solar panel sebagai dayanya.

Bright Moon (sc: Badeehah Ashraf/Flickr)

Menurut penelitian mereka, Bulan Buatan ini akan mampu menghasilkan cahaya atau tepatnya mampu memantulkan cahaya matahari lebih terang 8x lebih terang dari bulan yang asli. Lalu untuk apa rencana Bulan Buatan ini? Tujuan utama dari rencana ini adalah untuk menggantikan lampu-lampu kota atau daerah yang diterangi agar lebih hemat daya. Rencananya luas pancaran cahaya Bulan Buatan ini mampu menyinari area dengan diameter 10 sampai dengan 80 kilometer.

Bulan (sc: kilabret_gy/Flickr)

Percobaan satelit penerangan ini sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Saat ini ilmuwan sedang pada tahap pematangan teknologinya. Apabila rencana ini terlaksana dan lancar, diharapkan bisa mengurangi pemakaian listrik dalam jumlah yang besar. Selain itu bisa dijadikan tujuan wisata juga untuk tempat yang diterangi oleh satelit ini. Rencananya satelit ini digunakan pertama kali untuk penerangan Kota Chengdu di China.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Comments


Check our Instagram

bottom of page