• Dewa Arya Putra

Teh Telur, Camilan Khas China Yang Di Hidangkan Saat Imlek

Sangat jarang bahkan beru pertama kali dengar nama Teh Telur di Indonesia ini. Teh telur adalah camilan telur rebus asal China. Di Indonesia sendiri ada hidangan yang mirip dengan Teh Telur, yaitu Telur Pindang. Bedanya adalah jika Teh Telur direbus menggunakan teh sedangkan Telur Pindang direbus menggunakan rempah-rempah Indonesia beserta saus tiram.

Tea Eggs (sc: Maréchal Crotmoul/Flickr)

Nama lain dari Teh Telur adalah Marble Egg atau Telur Marmer. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang menyerupai marmer yang memiliki desain retakan-retakan seperti itu. Dikatakan bahwa hidangan ini berasal dari Provinsi Zhejiang China. Tetapi sekarang sudah menyebar luas sampai ke Indonesia dan Malaysia.

Chinese Tea Egg (sc: asiansupper/Flickr)

Resep original Teh Telur ini menggunakan berbagai rempah, saus tiram, dan daun teh hitam. Rempah yang dimaksud adalah bubuk 5 rasa yang terdiri dari kayu manis, Star Anise, biji anise, cengkeh dan lada Sichuan. Cara pembuatannya adalah pertama-tama rebus telur sampai mengeras. Lalu ambil telur tersebut dan diretakkan perlahan. Semakin kecil bentuk retakannya semakin estetis hasil akhirnya. Telur yang retak tersebut kemudian direbus lagi dalam air teh yang sudah diisi rempah-rempah. Rebus selama 10 menit. Untuk hasil rasa yang lezat, telur yang sudah direbus harus diistirahatkan selama beberapa jam.

Proses Perebusan Teh Telur (sc: Leone Fabre/Flcikr)

Di Indonesia, kalian bisa membuat Teh Telur ini sendiri di rumah tetapi daun teh hitamnya agak susah untuk dicari. Sebagai gantinya kalian bisa menggunakan kulit bawang merah dan daun jati sebagai penggantinya. Akan tetapi rasanya akan berbeda dengan Teh Telur yang sebenarnya. Jika di istilahkan, Teh Telur Khas Indonesia adalah telur Gudeg dan telur yang biasa disajikan pada nasi Tumpeng.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram