• Dewa Arya Putra

Rekor Terbaru, Reaktor Fusi Milik China Sudah Bisa Mencapai 8 Kali Lipat Dari Suhu Inti Matahari

Kalian ingat dengan eksperimen negara China yang ingin membuat matahari? Kalau belum tau kalian bisa membaca artikelnya di sini, “Matahari Buatan China Ini 10x Lebih Panas Dari Matahari Asli”. Menurut rencananya mereka akan membuat reaktor fusi yang diberi nama HL-2M bisa menghasilkan panas mencapai 10x lebih panas dari matahari asli tata surya kita. Sebagai ukuran, panas matahari kita saat ini mencapai 15 juta derajat celcius. Berarti target panas reaktor HL-2M ini mencapai 150 juta derajat celcius.

Reaktor Fusi Milik China (sc: ANR2008/Flickr).jpg

Pada tanggal 4 Juni tahun ini, mereka berhasil mencetak rekor dalam menciptakan panas yang mencapai 120 juta derajat celcius dan bertahan selama 101 detik. Cuma 101 detik? Kan cepet banget itu. Eits jangan salah, mempertahankan suhu setinggi 120 juta derajat dalam kurun waktu 101 detik merupakan prestasi yang cukup bagus itu.

Bagian Dalam Reaktor Fusi (sc: Institute of Plasma Physics Chinese Academy of Sciences / Liputan6.com)

Baca Juga: Setelah Matahari Buatan, China Juga Akan Buat Bulan Yang 8x Lebih Terang Dari Bulan Asli


Sebelumnya sekitar tahun 2017, EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak / HT-7U) membuat sebuah reaktor fusi yang hanya mampu mencapai 50 juta derajat saja durasinya pun sangat singkat. Kemudian pada tahun 2018, ada sebuah reaktor yang mampu menghasilkan panas sekitar 100 juta derajat, namun bertahan selama 10 detik saja. Dan yang terakhir pada tahun 2021, reaktornya mampu menciptakan panas mencapai 120 juta derajat dan mampu bertahan selama 101 detik. Prestasi yang luar biasa kan.

Penampang Luar Reaktor Fusi (sc: Institute of Plasma Physics Chinese Academy of Sciences / Liputan6.com)

Baca Juga: Teh Telur, Camilan Khas China Yang Di Hidangkan Saat Imlek


Tetapi prestasi ini masih belum mampu untuk memenuhi tujuan utama dibuatnya reaktor ini. Yaitu menjadi sumber daya listrik untuk menerangi daerah-daerah di negara China. Mereka juga harus tetap memikirkan bagaimana caranya mempertahankan suhu yang jauh lebih panas dari matahari asli di planet bumi tercinta ini. Hmmm PR mereka masih banyak sekali ternyata ya.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram