Paantu Matsuri, Festival Roh Yang Menyeramkan
top of page

Paantu Matsuri, Festival Roh Yang Menyeramkan

Paantu matsuri atau festival paantu ini diadakan di daerah Miyako-jima Prefektur Okinawa. Festival ini biasanya diadakan saat bulan ke 9 dalam kalender china. Konon festival ini sudah diadakan sejak berabad-abad lamanya. Dulunya festival ini diadakan di pulau-pulau kecil prefektur Okinawa. Tetapi sekarang hanya tersisa Miyako-jima yang masih melakukan festival unik ini.

Patung Paantu yang ada di Museum Miyakojima (sc: Wikipedia.com)

Apa sih Paantu itu? Paantu adalah roh dengan tubuh yang dipenuhi lumpur dan dedaunan dan terlihat kotor. Wajahnya tertutupi oleh topeng kayu dengan dahi yang lebar, mata dan mulut yang kecil. Walaupun penampakan paantu ini menyeramkan, tetapi dia memiliki tugas yang mulia yaitu menyebarkan keberuntungan dan mengusir roh-roh yang jahat.

Foto Paantu yang seolah-olah menculik anak kecil (sc: cademeuwhiskey.wordpress.com)

Orang-orang yang berperan sebagai paantu di festival ini akan mengejar warga dan menakut-nakuti mereka. Setelah mereka tertangkap, paantu tersebut akan mengotori mereka dengan lumpur yang ada pada tubuh paantu. Tentu saja anak-anak kecil maupun balita juga tidak luput dari target kejaran para paantu. Tidak sedikit anak-anak yang menangis sampai berteriak karena ketakutan dikejar oleh paantu. Tetapi para orang tua justru menyodorkan anak mereka agar digendong dan dikotori oleh paantu. Karena para orang tua percaya bahwa sang paantu memberikan keberuntungan untuk anak-anak mereka. Sebaliknya, bagi anak-anak mereka momen tersebut adalah momen yang menyeramkan.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

bottom of page