top of page

Osechi Ryouri, Masakan Tradisional Untuk Menyambut Tahun Baru di Jepang


Tahukah kamu saat tahun baru, masyarakat Jepang biasanya menyajikan makanan tradisional yang disebut Osechi Ryori?


Kalau di Indonesia biasanya orang-orang merayakan tahun baru dengan BBQ ya. Nah kalau di Jepang juga ada nih makanan yang biasanya disajikan saat tahun baru, yaitu “Osechi Ryori” おせち料理 (osechi ryouri). Nah, Osechi Ryori ini sebenarnya bukan nama makanannya ya, karena Osechi Ryori ini terdiri dari beberapa hidangan, umumnya seperti datemaki (telur dadar gulung), kuromame (kedelai hitam manis), kazunoko (telur ikan herring yang di rendam dalam kaldu), ikan air tawar dan masih banyak lagi yang kemudian ditata di dalam kotak seperti bento yang bertumpuk yang disebut “Jubako”.


Banyaknya hidangan tersebut bukan berarti tidak ada maksudnya, tiap-tiap hidangan ternyata dipercaya dapat membawa keberuntungan dan memiliki makna tersendiri untuk mewakili harapan di tahun baru yang akan datang. Berikut adalah beberapa hidangan yang umumnya terdapat pada Osechi Ryori:



Datemaki (Telur Dadar Gulung)
Datemaki (telur dadar yang digulung kemudian di potong)

Bentuk telur dadar yang digulung kemudian dipotong-potong menyebabkan bentuknya seolah menyerupai gulungan kuno yang merepresentasikan pendidikan dan pengetahuan diharap dapat memberi berkat kepada keluarga.


Kuromame
Kuromame (kedelai hitam)

Warna hitam dalam kepercayaan Jepang adalah warna untuk melawan kejahatan. Kemudian “mame” yang berarti “kedelai” juga merupakan homonim untuk kata “kerja keras” atau “kesehatan” maka dari itu diharapkan dapat membawa kekuatan dan kerja keras di tahun yang akan datang.

Kazunoko (Telur Ikan Herring)

Telur ikan Herring yang direndam dalam dashi (kaldu) memiliki makna kesuburan dan kesejahteraan pada keluarga. Kazunoko dapat diartikan “sejumlah anak”.

Tazukuri

Hidangan yang terbuat dari ikan teri yang dikeringkan dan diberi saus manis asin kental ini, melambangkan kesuburan atau hasil panen yang baik dikarenakan pada zaman dahulu ikan teri digunakan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman di sawah.

Kamaboko

Hidangan yang terbuat dari ikan yang dipanggang membentuk seperti kue dengan warna merah dan putih memberikan kesan meriah pada hidangan.


Udang

Bentuk udang yang yang melengkung mengingatkan kepada punggung orang tua yang sudah bungkuk dan berkumis panjang merepresentasikan umur panjang dan kebijaksanaan.

Kurikinton

Chesnut sudah cukup umum dikenal sebagai makanan keberuntungan. Dengan bentuknya yang bulat dan berwarna keemasan menyerupai koin emas, maka tidak heran jika hidangan ini dimaknai dapat memberikan kekayaan dan kemakmuran.

Kombu

Rumput laut gulung yang biasanya disajikan juga dengan ikan di dalamnya. Di Jepang, rumput laut disimbolkan sebagai kebahagiaan atau suka cita.

Kohaku Namasu

Hidangan yang berupa acar, parutan wortel dan daikon (lobak putih) ini memberikan warna merah dan putih yang menggambarkan perayaan.


Baca juga: Apa Sih Dere Itu?

Osechi Ryori dapat dengan mudah didapat, dikarenakan padatnya rutinitas masyakat Jepang, kamu bisa beli di konbini, restoran, ataupun situs online seperti Rakuten dan Amazon. Harganya bervariasi tentunya mulai dari sekitar 5.000 yen untuk versi hematnya dan hingga sekitar 20.000 yen untuk versi standar serta hidangannya dapat dikustomisasi sesuai keinginan. Nah, gimana nih, kalau tahun baru biasanya kamu bakar-bakar atau ada masakan khas juga nih? Kalau kamu ingin pergi langsung ke Jepang dan merasakan langsung Osechi Ryori, nggak ada salahnya untuk melatih bahasa Jepangmu atau belajar bahasa Jepang langsung dengan tutor dari Tsubomi House TLC yang friendly dan professional.

 

Penulis: Alid Ramadhan

Editor: Alid Ramadhan



31 tampilan0 komentar

Comentários


Check our Instagram

bottom of page