• Dewa Arya Putra

Macam-macam Teh Jepang

Teh adalah minuman sejuta umat. Banyak negara yang suka meminum teh. Di Indonesia saja, banyak keluarga yang meminum teh untuk mengawali hari. Semua warung dan rumah makan pun menyediakan teh baik teh hangat atau teh dingin. Teh yang membedakan antara negara 1 dengan yang lainnya adalah cara penyajiannya dan macam-macamnya. Kalau di Indonesia banyak ditemukan teh manis, sedangkan di Jepang kebanyakan teh tawar. Mau tau macam-macam teh yang ada di Jepang? Berikut adalah macam-macamnya beserta penjelasannya:

Matcha (sc :Curtis Winters/Flickr)

1. Matcha

Bagi yang suka dengan Jepang sudah tidak asing lagi dengan matcha. Nama lainnya adalah teh hijau dan teh ini adalah yang paling populer di dunia. Matcha adalah teh hijau berbentuk bubuk yang sering digunakan untuk Upacara Minum Teh Jepang yang bernama Cha no Yuu. Aroma dan rasa dari matcha ini sangat khas

Manfaat matcha adalah bisa membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Bagus banget buat para Wanita yang mau diet nih. Hal itu dikarenakan kandungan Katekin yang ada dalam matcha bisa menghambat pergerakan glukosa pada sel-sel lemak. Selain itu bisa juga memperlambat kenaikan gula darah juga.


Baca Juga: Cha No Yu, Tradisi Upacara Minum Teh Di Jepang

Sencha (sc: Johan Andersson/Flickr)

2. Sencha

Walaupun matcha terkenal di dunia, tetapi orang Jepang sendiri lebih memilih sencha. Sama-sama berjenis teh hijau, tetapi sencha terbuat dari daun teh yang baru saja di petik dan bukan berbentuk bubuk seperti matcha. Mungkin sekarang sudah ada yang berbentuk bubuk, tetapi sencha yang masih dalam bentuk daun lebih menyehatkan. Daun yang baru di petik tersebut akan dipanaskan dengan cara kukus maupun direbus. Cara tersebut berguna untuk menghentikan proses fermentasi pada daun teh.

Manfaat dari teh ini adalah terdapatnya antioksidan yang bergguna untuk melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit kanker. Selain itu kandungan polifenol pada daun teh sencha bisa mencegah perkembangan sel kanker.


Baca Juga: Ayo Kita Mengenal Lebih Dekat Tentang Geisha Yang Ada Di Jepang

Houjicha (sc: J.G. Wang/Flickr)

3. Houjicha

Houjicha memiliki aroma yang unik. Hal tersebut dikarenakan houjicha terbuat dari daun teh hijau yang di panggang sampai berwarna hitam / gelap. Alhasil seduhan air dari teh houjicha berwarna merah kecoklatan.

Manfaat dari houjicha adalah mendukung proses detoks dalam tubuh. Karena kandungan alami yang terdapat pada houjicha bisa menghilangkan racun kimia dan logam berat pada tubuh.


Sebenarnya masih banyak lagi jenis teh-teh jepang yang bisa di bahas tetapi itu untuk artikel selanjutnya ya. Singkatnya teh adalah minuman yang menyehatkan tubuh karena kandungan alami dari daun teh. Cocok untuk orang yang sedang diet, menjaga kesehatan tubuh, dll.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram