• Dewa Arya Putra

Apa sih Dere itu?

Sebelum kita masuk ke jenis-jenisnya, alangkah baiknya kita mengetahui arti dari Dere itu sendiri. Dere memiliki kanji yang berarti bashful (pemalu) dan illuminate (menyinari). Ditulis dengan kanji 照れる(dibaca Tereru, yang berarti pemalu), dan 照らす(dibaca Terasu, yang berarti menyinari). Kata dere sebenarnya dibaca Tere, tetapi karena kata dere sering digabungkan dengan kata lain didepannya maka bacaannya melebur menjadi Dere. Kita tidak membahas yang memiliki arti menyinari tetapi yang memiliki arti pemalu.

Haruhi Nendoroid (sc: Carlos Emmanuel Carlos/Flickr)

Baca Juga: Mari Kita Mengenal 7 Jenis Puisi Jepang


Di Jepang ada istilah deredere yang berarti malu-malu. Kata dasarnya berasal dari tereru yang berarti pemalu. Kalau dibahasa Indonesiakan mungkin arti yang mendekati adalah malu-malu kucing. Ini adalah perasaan yang muncul apabila kita merasa malu terhadap orang kita anggap cantik/tampan atau terhadap ke orang yang kita suka/kagumi. Dengan kata lain sering berhubungan pada nuansa romantis. Biasanya mereka akan gugup dan bersikap aneh terhadap orang tersebut. Seperti berkata kasar, bersikap arogan, cuek total dll. Mereka bersikap demikian agar orang yang disukainya ataupun lawan bicaranya tidak mengetahui perasaan sebenarnya. Cukup merepotkan ya.


Sikap dere ini, ada yang mengatakan sampai 10 jenis, bahkan ada yang mengatakan sampai 30 jenis. Sampai sekarang di Jepang banyak menggunakan sikap dere ini ke dalam karya-karya pop mereka. Seperti drama, anime, maupun komik. Beberapa karakter juga ada yang terkenal karena sikap dere yang dimilikinya. Bahkan ada karakter yang tidak hanya memiliki 1 sikap dere seperti karakter Shinomiya Kaguya dari Anime dan Drama Kaguya-sama Kokurasetai (Kaguya-sama : Love Is War). Karakter tersebut dikatakan memiliki dere tsundere dan kuudere. Untuk penjelasan jenis-jenis dere akan muncul di artikel berikutnya. Jadi, silahkan menantikan artikelnya ya.

Shinomiya Kaguya Nendroid (sc: t-mizo/Flickr)

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram