top of page

Kata KEPO Ternyata Berasal Dari Bahasa Hokkian


Sebelum masuk ke pembahasan KEPO, kita bahas sedikit apa itu Bahasa Hokkian. Bahasa Hokkian adalah salah satu dari bahasa Min Selatan serta bagian dari Bahasa Han (Bahasa Tionghoa). Bahasa Hokkian ini sering digunakan di Republik Tiongkok, Singapura, Malaysia, bahkan ada juga yang menggunakan Bahasa Hokkian di Indonesia. Lebih tepatnya Indonesia Provinsi Sumatera Utara.


Oke sekarang kita bahas mengenai kata KEPO. Umumnya kata KEPO yang sering kita tau adalah sebuah akronim dari Bahasa Inggris yaitu Knowing Every Particular Object. Secara harfiah, KEPO adalah orang yang sangat ingin mengetahui hal sampai mendetail. Singkatnya orang yang penasaran banget. Berdasarkan Tesaurus KBBI Online, Kepo berarti rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain.



Namun, siapa yang menyangka bahwa KEPO sebenarnya berasal dari kata Kaypoh (雞婆) dari Bahasa Hokkian. Secara arti literal, Kaypoh berarti Really Curious atau sangat penasaran. Dengan kata lain Kaypoh dan Kepo kurang lebih memiliki arti yang sama yaitu orang yang pingin ikut campur masalah orang lain karena rasa penasaran yang tinggi. Lalu kalau diantara kalian ada yang pingin berlibur ke Singapura, kata KEPO ini juga bisa dipakai. Karena di sana kata Kepo sudah menjadi loanword (kata pinjaman dari bahasa lain yang diaplikasikan ke dalam bahasa sendiri) di Singlish (Singaporean-English). Jadi bisa digabungin tuh sama Bahasa Inggris tapi pakai logat China gitu. Contohnya “Why are you so kepo?”


 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Comments


Check our Instagram

bottom of page