• Dewa Arya Putra

Bian Lian (变脸) , Seni Berganti Topeng Dalam Kesenian Drama Tiongkok Kuno

Bian lian memiliki arti perubahan wajah, sedangkan topeng sendiri mewakili wajah dari setiap tokoh dalam pagelaran drama. Oleh karena itu, Bian Lian digunakan untuk menyebut seni berganti topeng dalam drama. Bian Lian adalah salah satu bagian penting dalam Opera Sichuan yang populer di daerah Chongqing, Guizhou, Yunnan, Hubei, dan Taiwan.

Pemain Bian Lian (sc: sharonang/Pixabay)

Baca Juga: Harbin Ice And Snow Festival, Salah Satu Festival Salju Dan Es Terbesar Di Dunia


Kostum yang digunakan dalam seni Bian Lian memiliki warna cerah, dengan iringan musik yang cepat dan dramatis. Topeng yang digunakan juga memiliki warna cerah, dan menggambarkan karakteristik tokoh dalam opera. Umumnya, satu tokoh dapat mengganti topeng lebih dari dua kali dengan kibasan kipas, gerakan kepala, atau lambaian tangan.

Fase perubahan Topeng (sc: youtube)

Bian Lian bagaikan harta karun dalam Opera Sichuan yang dijaga oleh para pemerannya. Pada zaman dahulu, para seniman mewariskan seni Bian Lian dengan mengajarkannya secara turun temurun dalam keluarga mereka. Selain itu, hanya anak laki-laki yang diajari seni Bian Lian. Hanya saja, semuanya berubah sejak tahun 1986 ketika seni Bian Lian bocor ke negara lain. Beberapa dari seniman Bian Lian mulai mengajarkan seni peran ini terhadap anak perempuan juga. Oleh karena itu beberapa perempuan mulai menjadi seniman Bian Lian, bahkan mereka mengadakan workshop pengajaran Bian Lian untuk masyarakat umum. Dulu Bian Lian bahkan tidak bisa dinikmati selain orang Tiongkok, tetapi sekarang Bian Lian sudah menjadi salah satu pagelaran seni yang sering ditunjukkan dalam acara-acara internasional.

Contoh Topeng yang digunakan (sc: Araleya/Flickr)

Banyak cara yang digunakan para seniman untuk meningkatkan rasa hiburan bagi penikmat seni Bian Lian di luar China dikarenakan opera Bian Lian yang tidak terlalu dikenal di negara lain. Ada empat cara yang digunakan dalam perubahan topeng.

  • Pertama, chuī liǎn atau hembusan debu. Teknik ini digunakan oleh seniman dengan mengembuskan debu hitam dari tangannya hingga menutupi seluruh wajah ketika pergantian topeng.

  • Kedua, rán kou gōngfū atau menipulasi jenggot. Teknik memanipulasi jenggot merupakan teknik perubahan warna jenggot dari hitam menjadi abu-abu, dan kemudian putih. Hal ini dilakukan untuk mengekspresikan kemarahan atau kegembiraan.

  • Selanjutnya ada Chě liǎn atau menurunkan topeng. Pemeran menurunkan topeng yang disembunyikan dibalik belakang kepalanya. Biasanya topeng ini akan berubah warna untuk mengekspresikan rasa bahagia, benci, marah, dan sedih.

  • Terakhir adalah Māliǎn atau menyeret wajah. Teknik ini biasanya menyembunyikan cat minyak dibalik alis atau jambang, lalu akan diseret untuk membentuk ekspresi tegas dari wajah.

Berikut adalah video Pementasan Bian Lian di Jalanan Sydney:

(by: Vidya Surya Indah - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram