top of page

Kakeibo, Teknik Menghemat Uang Ala Orang Jepang


Rupiah (sc: arditpg/Flickr)

Jepang terkenal dengan budaya, teknik, dan kebiasaan hidup yang berbeda dibandingkan negara lainnya. Orang-orang Jepang dikenal dengan pemikiran yang logis, mendetail, dan out of the box. Tidak luput juga mengenai finansial atau keuangan keluarga. Seorang wanita Jepang bernama Hani Matoko, pada tahun 1904 menciptakan teknik menghemat uang yang cukup efektif. Teknik itu bernama Kakeibo.


Kakeibo ditulis dengan kanji 家計簿 yang berarti buku keuangan keluarga atau buku besar keuangan rumah tangga. Benda yang dibutuhkan hanya 2 yaitu buku (bisa buku akuntan atau buku tulis biasa) dan sebuah pulpen. Sebenarnya teknik penulisannya sama dengan sistem penganggaran pada umumnya. Mencatat semua pengeluaran maupun pemasukan. Lalu apa bedanya dengan sistem penganggaran menggunakan perangkat lunak yang ada di HP ataupun komputer? Bedanya adalah jika menulis dengan tangan, kita akan secara aktif memikirkan dan mengamati kebiasaan berbelanja kita.


Penelitian telah membuktikan berulang-ulang, banyak manfaat menulis dengan tangan, yaitu mendorong Anda agar lebih sadar sambil mengakui pemicu di balik kebiasaan buruk Anda”, kata seorang penulis dan pencoba Kakeibo, Sarah Harvey. (dikutip dari CNBC, Senin 20 Januari 2020).


Money Of The Word (sc: Will Mitchell/Flickr)

Dengan teknik kakeibo kalian akan bertanya kepada diri sendiri sebelum membeli barang yang kalian inginkan. Coba sebelum kalian membeli barang pikirkan pertanyaan-pertanyaan ini:

  • · Bisakah hidup tanpa barang tersebut?

  • · Dengan keuangan yang sekarang, bisakah saya membelinya?

  • · Apakah benar saya akan menggunakan barang tersebut?

  • · Apa yang saya rasakan ketika bisa memilikinya? Senang? Biasa saja? Apabila senang, berapa lama perasaan itu akan bertahan?

  • · Bagaimana perasaan saya secara umum saat ini? Tenang? Tertekan? atau merasa sangat buruk?

  • · Di mana saya melihat barang itu pertama kali? (di online shop? atau melihat secara langsung?)

Dan tentu saja tidak hanya terbatas pertanyaan-pertanyaan di atas saja. Kalian bisa menambahkan pertanyaan lain untuk diri sendiri. Dengan metode ini, kalian dapat terbantu dalam mengatasi pengeluaran kalian. Karena metode tersebut memaksa kalian untuk berpikir sekian kali untuk membeli barang tersebut.



Sebagai catatan, teknik Kakeibo ini dirancang untuk menghilangkan semua kegembiraan dari hidup kalian. Hal itu disebabkan, untuk “memberikan hadiah kepada diri sendiri atas perjuangan yang telah dilakukan” saja perlu memikirkan sekian tahap. Bagi kalian-kalian yang boros. mungkin akan kesusahan di awal-awal. Tetapi seiring berjalannya waktu akan terbiasa juga. Karena tujuan awalnya teknik Kakeibo ini ditemukan adalah untuk menghilangkan kebiasaan buruk terutama boros.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

コメント


Check our Instagram

bottom of page