Kakeibo, Teknik Menghemat Uang Ala Orang Jepang


Rupiah (sc: arditpg/Flickr)

Jepang terkenal dengan budaya, teknik, dan kebiasaan hidup yang berbeda dibandingkan negara lainnya. Orang-orang Jepang dikenal dengan pemikiran yang logis, mendetail, dan out of the box. Tidak luput juga mengenai finansial atau keuangan keluarga. Seorang wanita Jepang bernama Hani Matoko, pada tahun 1904 menciptakan teknik menghemat uang yang cukup efektif. Teknik itu bernama Kakeibo.


Kakeibo ditulis dengan kanji 家計簿 yang berarti buku keuangan keluarga atau buku besar keuangan rumah tangga. Benda yang dibutuhkan hanya 2 yaitu buku (bisa buku akuntan atau buku tulis biasa) dan sebuah pulpen. Sebenarnya teknik penulisannya sama dengan sistem penganggaran pada umumnya. Mencatat semua pengeluaran maupun pemasukan. Lalu apa bedanya dengan sistem penganggaran menggunakan perangkat lunak yang ada di HP ataupun komputer? Bedanya adalah jika menulis dengan tangan, kita akan secara aktif memikirkan dan mengamati kebiasaan berbelanja kita.


Penelitian telah membuktikan berulang-ulang, banyak manfaat menulis dengan tangan, yaitu mendorong Anda agar lebih sadar sambil mengakui pemicu di balik kebiasaan buruk Anda”, kata seorang penulis dan pencoba Kakeibo, Sarah Harvey. (dikutip dari CNBC, Senin 20 Januari 2020).


Baca Juga: Wayang Potehi, Wayang Golek Khas Tionghoa