top of page

Homograf dalam Bahasa Inggris

Sebelumnya kita pernah membahas tentang Homofon, atau kata-kata yang memiliki kesamaan bunyi tetapi berbeda penulisan. Sekarang kosakata yang akan dibahas adalah kosakata yang memiliki kesamaan penulisan tetapi berbeda pengucapannya. Istilah tersebut dalam linguistik disebut dengan Homograf. Kosakata homograf tidak hanya ditemukan dalam bahasa Indonesia saja, tetapi dalam bahasa inggris pun banyak ditemukan kosakata homograf. Perbedaan pengucapan ini juga mempengaruhi arti kata yang dibawa.

Setelah dilakukan pencarian kosakata bahasa inggris yang mengandung homograf, banyak sekali kosakata yang ditemukan. Berikut 6 kosakata yang dipilih karena cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

1) Win

Kosakata ini dibaca /wɪnd/, sama seperti ketika membaca 'Pinned'. Saat dibaca /wɪnd/, kosakata ini memiliki makna ‘Udara’ (kata benda). Selain itu, bisa juga dibaca /waɪnd/ sama seperti kata 'Kind' dan memiliki makna ‘Menggulung’ atau 'Memutar' (Kata kerja).

2) Wound

Kata kedua ini bisa dibaca /wuːnd/ seperti pengucapan kata 'Spoon' ketika memiliki makna ‘Luka’ (Kata benda), dan dibaca pula /waʊnd/ seperti pengucapan kata 'Sound' ketika menunjukkan bentuk pasif dari kata kerja 'Wind' yang memiliki arti ‘Memutar’ atau ‘Menggulung’.

3) Tear


Selanjutnya ada kosakata tear yang bisa dibaca /tɛə/ (UK), /tɛr/ (US) seperti kata 'Fair', serta memiliki makna ‘Merobek’. Kemudian, bisa juga dibaca /tɪə/ (UK), /tɪr/ (US) seperti pengucapan kata 'Dear' ketika memiliki makna ‘Air mata’.


4) Bow

Kata ini dapat dibaca/bəʊ/ (UK), /boʊ/ (US) mirip dengan pengucapan kata 'Snow', dan memiliki makna ‘busur panah’. Lalu dapat dibaca /baʊ/ seperti pengucapan kata 'Cow' ketika menunjukkan penghormatan dengan membungkukkan badan. 5) Close

Kosakata yang kelima ada 'Close' yang bisa dibaca /kləʊz/ (UK), /kloʊz/ (US) seperti pengucapan kata 'Doze' untuk makna ‘Tutup’. Cara baca kedua ada /kləʊs/ dan memiliki makna ‘Dekat’, ‘Akrab’, atau ‘Hampir’.

6) Does

Dibaca /dʌz/. Mirip dengan pengucapan kata 'Fuzz' untuk menunjukkan orang ketiga dalam kata kerja. Selain sebagai tobe, kata ini juga bisa dibaca /dəʊz/ (UK), /doʊz/ (US) seperti pengucapan 'Doze' untuk menunjukkan bentuk jamak dari kata benda 'Doe' yang memiliki makna ‘Mamalia betina’.


Setelah mengetahui beberapa fakta ini, apa yang sebaiknya dilakukan ? Sebaiknya ketika mempelajari kosakata baru, selain dilihat dari konteks kaimatnya juga bisa dicari juga bagaimana cara mengucapkannya. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi terjadinya kejadian seperti beberapa kosakata di atas. Karena berbeda pengucapan juga mempengaruhi arti, akan sedikit kurang nyaman jika lawan bicara salah paham dengan apa yang kita ucapkan.

Mempelajari kosakata baru memang menarik ya! Oleh karena itu, bagi para pembaca yang tertarik tidak ada salahnya untuk mendaftar les bahasa Inggris disini.


Penulis : Vidya Surya Indah

Editor : Daffa Ramadhan


Comments


Check our Instagram

bottom of page