• Dewa Arya Putra

Straw Bear, Festival Beruang Jerami Tertua Yang Ada Di Inggris

Straw Bear atau Hari Beruang Jerami adalah salah satu dari sekian tradisi yang terbilang cukup tua dan sampai sekarang masih dilaksanakan di Inggris. Festival ini dilaksanakan setiap awal tahun tepatnya tanggal 7 Januari. Perayaan ini awalnya hanya dilaksanakan oleh 30 orang yang berpakaian Jerami. Tetapi sekarang sudah mencapai 250 orang dan selalu dilaksanakan secara meriah.

Festival Beruang Jerami (sc: Ken Barley/Flickr)

Baca Juga: Apa sih Dere itu?


Festival ini dilakukan pada saat awal musim bertani dan berladang di daerah Fenland dan Whittlesea. Mereka percaya kalau festival ini bisa membuahkan hasil panen yang melimpah dan bagus-bagus. Orang-orang yang berkostum Jerami tersebut seluruh tubuhnya ditutupi Jerami. Lah terus bagaimana dia melihat kedepan saat jalan? Tenang saja, ada pemandu jalannya untuk setiap orang yang berkostum Jerami.

Straw Bear Festival Whittlesea 2019 (sc: uplandswolf/Flickr)

Baca Juga: Poster Lucu Yang Pakai Bahasa Inggris


Orang-orang tersebut tidak hanya sekedar jalan sehat saja, tetapi mengetuk pintu setiap rumah dan menari-nari untuk meminta imbalan seperti uang maupun makanan dari warga. Tetapi sayangnya bagi beberapa orang menganggap kalau tradisi ini di salah artikan sebagai pengamen bahkan pengemis. Padahal tujuan utamanya adalah untuk mengawali sebuah masa bertani agar mendapatkan hasil tani yang baik dan dijauhkan dari hal-hal buruk selama proses bertani sampai dengan panen.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)


Check our Instagram