Hari Valentine di Beberapa Negara
top of page

Hari Valentine di Beberapa Negara

Tradisi Hari Valentine di Beberapa Negara

Hari Valentine atau Valentine Day adalah hari yang disimbolkan sebagai hari kasih saying. Kapan Valentine ini dirayakan? Valentine diadakan setiap tahun tanggal pada 14 Februari. Valentine Day biasa dirayakan oleh pasangan dengan saling bertukar hadiah. Namun ternyata, sejumlah negara di seluruh dunia punya hari Valentine-nya sendiri. Berikut tradisi-tradisi Valentine Day dari beberapa negara:


1. Jerman

Boneka Babi
Instagram: lemonheartcreations

Saat Valentine kita akan susah menemukan kartu berbentuk hati kecil yang lucu di Jerman. "Di Jerman, Hari Valentine hanya ditujukan untuk orang dewasa," kata Sharon Schweitzer, pelatih lintas budaya dan pendiri Protocol & Etiquette Worldwide. "Ini (Valentine) benar-benar subjek ‘dewasa’." Dan kita akan terkejut bahwa Valentine's Day tahun ini banyak babi 'berkeliaran'.

Hari Kasih Sayang kali ini berdekatan dengan perayaan Imlek dan memasuki tahun Babi sebagai simbol keberuntungan dan nafsu. Pasangan akan saling memberi boneka babi, patung babi, dan gambar babi, bahkan babi cokelat. Lalu saat orang Amerika mencicipi cokelat sebagai makanan penutup pada Hari Valentine, maka orang Jerman mengunyah kue jahe berbentuk hati. Kue jahe itu bertuliskan pesan romantis di atas lapisan gula.


2. Korea Selatan

chocolates
Instagram: h__matravel

Sebagian besar laki-laki di Amerika Serikat memberikan hadiah saat Hari Valentine. Tetapi justru sebaliknya di Korea Selatan, perempuan yang memberikan hadiah cokelat kepada pasangannya. Sebulan kemudian, pada hari putih (White Day), sang pria membalas kasih sayangnya dengan memberikan permen kepada pihak perempuan. Sedangkan bagi para lajang di Korea Selatan, punya hari istimewa sendiri yang disebut Black Day. Mereka berkumpul dan merayakan Black Day dengan menyantap mi hitam.


3. Jepang

Instagram: sweetbsugarart

Wanita juga memberikan cokelat pada Hari Valentine di Jepang kepada pasangannya. Valentine di Jepang sama dengan Valentine di Korea. Di Jepang dapat memberikan coklat pada rekan kerja dan teman sekelas, ini disebut dengan "cokelat kewajiban" (giri choco). Tetapi perempuan menyimpan cokelat "perasaan sejati" (honmei choco), yang lebih mahal dan seringkali buatan sendiri, untuk kekasih mereka.



4. Italia

Instagram: cannolibar

Italia merayakan Hari Valentine sebagai hari libur khusus pencinta. Cokelat Baci Perugina yang memiliki pesan romantis tertulis di dalam kertas sebagai kado terpopuler. "`Baci 'artinya` ciuman 'dalam bahasa Italia," kata Schweitzer. "Ketika mereka bertukar Baci Perugina - sekotak kecil cokelat hazelnut itu, kemudian mereka bertukar ciuman."


5. Denmark

Instagram: metticecillie

Alih-alih mawar merah, tetesan salju adalah pilihan bunga yang populer di Hari Valentine di Denmark. Pria Denmark juga terkadang mengirimi wanita puisi lucu yang disebut gaekkebrev, ditandatangani secara anonim dengan serangkaian titik. Jika penerima dapat menebak siapa yang mengirim surat itu, dia akan memberinya telur Paskah pada akhir tahun.


6. Paris, Perancis

Instagram: travel_is_fatal

Sebagai Kota Cinta, Paris adalah tujuan populer bagi pasangan saat Hari Valentine. "Beberapa orang berpikir itu adalah ibukota dunia untuk Hari Valentine," kata Schweitzer. Pasangan yang biasa menempelkan gembok di "love lock bridge" atau jembatan kunci cinta" di Pont des Arts dan melemparkan kunci di Sungai Seine. Kunci telah dilepas pada tahun 2015 dan pagar jembatan diganti sehingga sulit memasang gembok 'cinta' Namun, bagi pencinta tidak kehilangan akal, mereka mencari jembatan lain di sekitar Paris untuk memasang gembok cinta.

Tetapi Paris bukan satu-satunya tujuan ke Perancis untuk mendapatkan cerita romansa, kata Schweitzer. Desa St. Valentin menyemarakkan desanya lewat bunga-bunga setiap tahun untuk festival Hari Valentine. Selain itu, pasangan kekasih atau suami-istri memperbaharui sumpah pernikahannya dan menanam pohon untuk memeringati cinta. Menurut Schweitzer, pasangan Perancis juga bertukar kata-kata cinta nan indah yang disebut cartes d'amities.


7. Meksiko

Instagram: bal10nn

Pada 14 Februari di Meksiko bukan hanya sekedar Valentine Day untuk pasangan di sana melainkan juga Hari Persahabatan. Balon, bunga, boneka binatang, dan kartu menunjukkan penghargaan untuk memberi kesan romantis dan teman-teman platonis.


8. China

Instagram: fccny

Hari Valentine semakin populer di Tiongkok, dulu disebut dengan Qixi. Tetapi sekarang Festival Qixi dapat disebut "Hari Valentine China." Dirayakan pada hari ketujuh dari bulan lunar ketujuh dalam kalender China - yang biasanya jatuh pada Agustus. Para wanita secara tradisional berdoa untuk menemukan suami yang baik atau mendapatkan keterampilan menjahit. Namun sekarang, ini lebih mirip dengan Hari Valentine Barat.


9. Finlandia dan Estonia

Instagram: puckpostco

Orang lajang tidak perlu merasa kesepian di Finlandia dan Estonia pada Hari Valentine. Pasalnya, di Finlandia dan Estonia, Hari Valentine dikenal dengan sebutan "Hari Teman." Kartu dan hadiah untuk menyatakan bahwa seseorang menghargai persahabatan, tetapi cinta romantis juga punya tempat.



10. Slovenia

Instagram: lebanoneats

Pada 14 Februari, tidak semuanya mesra di Slovenia, melainkan St Valentine dikenal sebagai santo pelindung musim semi. Tanaman mulai tumbuh dan orang dapat kembali bekerja di ladang. Selain itu, pada 14 Februari juga dikenal sebagai musim kawin untuk sekawanan burung-burung di ladang. Siapa pun yang ingin menonton burung-burung kawin perlu berjalan tanpa alas kaki di ladang yang tanahnya masih membeku. Tapi cinta tidak hilang begitu saja. St. Gregory's Day yang jatuh 12 Maret memberi pasangan kesempatan untuk merayakan romansa mereka.


11. Peru

Instagram: orchid22ru

Alih-alih mawar, orang Peru biasanya bertukar anggrek, yang merupakan tanaman asli Peru pada Hari Valentine.


12. Republik Ceko

Instagram: fruitionchocolate

Hari Valentine biasanya melibatkan makan malam romantis yang khas, dan hadiah mawar, serta cokelat di Republik Ceko. Menurut Schweitzer,i Hari Cinta utama negara itu jatuh pada 1 Mei, ketika para pencinta mencium di bawah pohon ceri untuk kebahagiaan dan kesehatan yang baik.


13. Israel

Instagram: trevisocorretoradecambio

Pada 14 Februari bukan masalah besar di Israel, tetapi upacara Yahudi kuno disebut Tu Bav, dan ini seperti Hari Valentine. Tu Bav dirayakan saat musim panas, "ini tentang cinta dan kelahiran kembali," katanya. Orang Israel merayakan cinta romantis dengan bunga dan suguhan berbentuk hati.


14. Brasil

Instagram: amsmayhem

Alih-alih merayakan St Valentine, orang Brasil menghormati St Anthony, santo pelindung pernikahan dan perjodohan, pada setiap 12 Juni. Malam sebelumnya, wanita lajang akan menulis nama pria di selembar kertas kemudian melipatnya. Lalu, pada pagi hari, mereka mengambil slip untuk mengungkapkan calon suami mereka.



Reference: Noor Masrida - JELANG VALENTINES DAY 2019

18 tampilan0 komentar

Check our Instagram

bottom of page