Siapa Sangka 5 Kata Bahasa Inggris Ini Berasal dari Bahasa Arab!

Sudah banyak artikel yang membahas tentang istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Arab. Namun jarang artikel yang membahas 5 kata ini, padahal kelimanya merupakan istilah-istilah yang sangat familiar bagi generasi milenial.


Kamu gak perlu kursus bahasa Inggris untuk mendengar kelima kata tersebut. Setahun saja pegang gadget, pasti bakalan pernah dengar kelimanya. Berikut kelima kata tersebut, dimulai dari yang kurang populer sampai dengan yang paling populer!


1. Average

Average memiliki memiliki beberapa arti, diantaranya rata-rata, biasa/tidak spesial, dan umum. Namun siapa sangka kata average berasa dari bahasa Arab, yaitu "Awwaar" yang berarti "keadaan yang menggambarkan kerusakan sebagian", atau sering juga digunakan bagi orang yang buta sebelah.


2. Safari

Kamu pasti pernah dengar Safari, salah satu browser internet terkenal andalan Apple Inc.

Safari sendiri dalam bahasa Inggris berarti "ekspedisi/perjalanan berburu". Kata tersebut diambil dari bahasa arab "safar" yang berarti "perjalanan".


3. Assassin


Kata Assassin sendiri dalam bahasa Inggris adalah seorang pembunuh seorang tokoh penting dalam dunia politik dengan cara yang tiba-tiba (bukan dalam medan perang. Biasanya dilakukan oleh seorang pembunuh bayaran.

Kata Assassin berasal dari sebuah sekte syiah Isma'iliyah batiniyah yang bernama "Hasysyaasyin", bentuk jamak dari kata "Hasysyasy" yang berarti pengguna hasysyasy "salah satu sejenis candu" .


Pada abad 12 masehi, sekte tersebut bertanggung jawab atas pembunuhan banyak tokoh penting lawan politiknya, seperti dinasti Abbasiyah, Fatimiyah, Seljuk, dan tentara salib. Salah satunya Nizam Al-Mulk (seorang Raja dinasti Seljuk), dibunuh oleh seorang pembunuh bayaran dari sekte tersebut. Berita-berita tentang sekte tersebut terdengar hingga ke Eropa, sehingga dari situlah muncul istilah Assassin dalam bahasa Inggris.


4. Adobe


Jika kita mendengar istilah Adobe, yang ada dalam benak kita adalah Adobe Photoshop, Adobe Flash, Adobe Illustrator, dan "Adobe-adobe" lainnya. Software-software tersebut memang sangat terkenal di zaman ini, sehingga banyak orang yang mengenal istilah Adobe sebagai sebuah perusahaan software daripada sebuah kata yang memiliki makna sendiri dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, Adobe memiliki arti bata jemuran (terbuat dari tanah dan diproduksi dengan cara dijemur). Adobe bisa juga diartikan bangunan yang bahan materialnya terbuat dari tanah. Kata tersebut berasal dari bahasa Arab, yaitu kata "Ath-thuba" yang berarti "batu bata/batako".


5. Arsenal

Logo Klub Sepakbola Arsenal

Yang terakhir dan paling sering didengar adalah Arsenal. Siapa yang tak kenal Arsenal? Banyak orang yang sering mendengar nama salah satu klub sepakbola terbesar di dunia yang berasal dari kota London ini, bahkan yang bukan pecinta sepakbola sekalipun. Kata Arsenal sendiri dalam bahasa Inggris memilik memiliki beberapa arti, diantaranya:

  • Seluruh persenjataan yang dimiliki sebuah negara.

  • Sebuah struktur dalam dunia militer yang berfungsi sebagai tempat untuk belanja persenjataan dan pelatihan dalam penggunaan senjata.

  • Tempat untuk memproduksi persenjataan.

Kata Arsenal sendiri berasal dari bahasa Arab "Daar Shana'ah" yang berarti "rumah/bangunan tempat produksi". Namun pada abad pertengahan, istilah tersebut digunakan untuk sebuah bangunan tempat produksi senjata milik pemerintah. Makannya, kita bisa melihat meriam di logo klub sepakbola Arsenal. Karena memang kata Arsenal dan Daar Shana'ah paling sering digunakan untuk bangunan tempat produksi senjata.

Edited by Tsubomi House Source: Rudy Hartono (idntimes)


Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jl. Wisma Tirta Agung Asri II / 108,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com