• Dewa Arya Putra

Bagaimana Idul Adha Di Osaka Jepang?

Hari raya Idul Adha (Eid ul Adha) adalah perayaan terbesar nomor 2 dalam agama Islam yang jatuh pada hari ke-10 bulan Dhu al-Hijjah (kalender Islam). Pada tahun 2020 ini hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli. Selama hari itu para penganut agama Islam melakukan Sholat Eid di tempat yang luas tergantung jumlah Jemaat yang dating. Kemudian mereka akan melakukan Qurban (upacara mendekatkan diri kepada Allah melalui penyembelihan hewan ternak seperti kambing, sapi, maupun unta). Daging dari hewan tersebut akan dibagikan kepada orang yang kurang mampu.


Lalu bagaimana perayaan Idul Adha di Osaka, Jepang?


Dalam Bahasa Jepang Idul Adha disebut Giseisai (犠牲祭)yang secara harfiah artinya adalah festival pengorbanan. Di Jepang para umat Islam umumnya melakukan Sholat Eid di masjid, tetapi karena jumlah masjid yang terbatas mereka melakukannya di tempat lain seperti ruang konrensi, bangunan sekolah, dan tempat lainnya yang bisa di sewa. Di Osaka terdapat masjid yang bernama Ibaraki. Akan tetapi masjid tersebut tidak terlalu besar untuk menampung para jemaat yang mengikuti Sholat Eid, maka tidak jarang mereka menyewa tempat yang lebih besar untuk melakukan Sholat. Seperti pada tahun 2014, jemaat Masjid Ibaraki menyewa gedung di Korean Internation School. Jemaat yang datang tidak hanya orang Jepang saja melainkan dari warga negara lain yang pada saat itu sedang berada di Jepang. Beberapa jemaatnya ada yang dari Indonesia, Malaysia, Mesir, Bangladesh, India, Australia, dan lain sebagainya. Setelah melakukan Sholat Eid, jemaat Islam di Osaka saling silaturahmi satu sama lain. Terutama bagi warga negara asing yang sedang rindu pada kampung halamannya (homesick, dalam bahasa jepang Sato Gokoro 里心), mereka menggunakan momen ini untuk mengikat tali silaturahmi.

Baca Juga: Mitarashi Matsuri, Festival Di Kyoto Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Jemaat Islam yang berada di Jepang pada saat itu, mereka melakukan Qurban di kampung halamannya sendiri. Kemudian mereka mendistribusikan daging hewan Qurban tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar wilayah tersebut. Tiidak jarang juga mereka mendistribusikan dagingnya ke negara-negara lain yang membutuhkan.


Hewan Qurban (sc: Ilham Khalid Setiawan/Flickr)

Baca Juga: Warna-warni di Festival Tanabata


Selamat Hari Raya Idul Adha bagi yang merayakannya. Semoga Idul Adha 1441 H ini membawa kedamaian, cinta, kehangatan dan kebahagiaan sepanjang jalan bagi kita semua. Aamiin. Dan jangan lupa juga Belajar Bahasa Jepang dulu ya, atau kalau sudah terlanjur di Jepang bisa belajarnya melalui online di Tsubomi House


(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com