top of page

Amazake, Sake Jepang Yang Tidak Beralkohol Dan Halal

Amazake (甘酒) berasal dari 2 kata yaitu Amai (甘い) yang berarti manis dan Sake (酒) yang berarti minuman beralkohol khas Jepang. Nah sake kan minuman beralkohol tuh, bagaimana ceritanya bisa termasuk minuman yang halal?

Amazake (sc: tokyofoodcast/Flickr)

Jadi begini, bahan untuk membuat Amazake itu ada beberapa jenis. Pertama ada yang terbuat dari Sake Kasu (酒粕) yang berarti ampas dari sake lain. Untuk produk Amazake yang terbuat dari Sake Kasu mengandung alkohol kurang dari 1%. Kemudian yang ke 2 ada yang terbuat dari Beras Koji dan air. Untuk produk Amazake yang terbuat dari Beras Koji dan air, benar-benar tidak mengandung alkohol alias halal.

Amazake dan Camilan Jepang (sc: Takeshi Igarashi/Flickr)

Beras Koji adalah beras yang telah difermentasi dengan jamur bernama Aspergillus Oryzae. Dan bumbu Koji ini tidak hanya digunakan pada beras saja. Bahan dapur seperti kecap, cuka, bahkan beras juga ada yang difermentasi menggunakan Koji ini. Ketenaran koji saat ini semakin marak karena mulai digunakan oleh koki-koki professional.

Bahan Pembuatan Amazake (sc: Mikey Sklar/Flickr)

Bagi kalian yang sedang di Jepang dan penasaran dengan rasa sake, Amazake yang terbuat dari Beras Koji dan air lah jawabannya. Tidak mengandung alkohol dan 100% halal. Silahkan kalian mencobanya!

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Comentarios


Check our Instagram

bottom of page