• Dewa Arya Putra

6 Kata Bahasa Jepang Yang Sulit Diartikan Ke Bahasa Indonesia

Beberapa bahasa di dunia ini pasti ada yang tidak dapat diartikan ke bahasa lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh keadaan di negara itu sendiri. Baik dari segi kebiasaan, adat, maupun budaya. Begitu juga negara Jepang. Ada beberapa kata yang dalam bahasa Jepang sering sekali mereka gunakan dan memiliki arti yang spesifik. Tetapi jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia susah mengarttikannya, mesipun ada tapi hanya sekedar mirip saja. Berikut adalah kata/frasa Bahasa Jepang yang sulit diartikan ke dalam Bahasa Indonesia:


1. Benri

Frasa benri (便利) ini digunakan saat situasi yang membuat kita melakukannya lebih mudah. Jika diartikan dalam Bahasa Inggris benri berarti convenient. Tetapi kalau dalam Bahasa Indonesia arti yang mendekati kata benri adalah praktis. Kata benri hampir bisa digunakan dalam situasi apapun yang memudahkan kita seperti “私の家はコンビニの隣だからべんりです (Rumahku ada di sebelah supermarket, sungguh “praktis”), sedangkan praktis lebih ke dalam hal yang spesifik seperti “dompet ini praktis, karena ukurannya kecil tetapi bisa diisi banyak kartu”.

Ilustrasi Benri (sc: akiko yanagawa/Flickr)

Baca Juga: Tashirojima, Pulau Dengan 600 Ekor Kucing!


2. Chikushou

Frasa chikushou ini biasanya digunakan pada saat kita sedang merasa kesal/marah. Contohnya adalah saat kita sudah belajar keras untuk ujian besok tetapi nilai kita tetap jelek, maka kita bisa menggunakan kata ini. Tetapi dalam Bahasa Indonesia, kata yang mewakili arti dari chikushou adalah “sialan”. Bisa juga diartikan menjadi nama seekor hewan yang menggonggong. Yup, kata tersebut adalah “anjing”.

Ilustrasi Chikushou (sc: https://oggi.jp/6094545)

3. Itadakimasu

Bagi yang sering menonton anime maupun drama pasti tau kata itadakimasu. Kata ini biasanya dipakai saat mau makan. Kurang lebih artinya sama dengan “Let’s Eat”/”Bon Appetit” yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah selamat makan/mari makan. Bisa juga diartikan sebagai ungkapan terima kasih atas makannanya. Secara harfiah, kata itadakimasu sendiri berarti “saya akan terima”. Kemudian ungkapan ini merupakan cara tradisional masyarakan Jepang untuk mengungkapkan rasa syukur. Namun seiring berjalannya waktu kata ini malah beralih makna dan berubah menjadi sekedar ucapan kebiasaan sebelum makan.

ITADAKIMASU! (sc: https://www.tofugu.com/japanese/itadakimasu-meaning)

Baca Juga: Ōkunoshima, Pulau Yang Dipenuhi Dengan Ratusan Ekor Kelinci


4. Natsukashii

Natsukashii adalah kata yang digunakan ketika kita merasakan kenangan masa lalu atau nostalgia. Akan tetapi penggunaan kata ini tidak mencerminkan rasa kangen yang membuat kita merasa sedih, melainkan membuat kita merasa senang. Misalnya seperti saat kita mendengarkan lagu-lagu lawas yang membuat kita teringat pada kenangan masa itu.

Ilustrasi Natsukashii di Stasiun Kereta (sc: Rob Oo/Flickr)

5. Ojama-shimasu

Jika dilihat berdasarkan kanji, kata jama (邪魔) terdiri dari 2 kanji. Kanji yang pertama adalah yokoshima (よこしま) yang berarti wicked atau jahat. Kemudian kanji yang kedua adalah ma (魔) yang berarti demon atau iblis. Bukan berarti kata Ojama-shimas merupakan kata yang buruk ya. Kata ini biasanya digunakan pada saat kita ingin memasuki Kawasan yang benar-benar asing dengan tujuan untuk mengunjungi atau hanya sekedar mampir. Arti kata yang mendekati kata ojama-shimmasu adalah permisi. Bagi orang Islam mungkin arti yang paling dekat dengna kata ojama-shimasu adalah “Assalamualaikum”.

Ojama-shimasu (sc: https://www.punipunijapan.com/ojamashimasu)

Baca Juga: Oshiya, Salah Satu Pekerjaan Unik Yang Ada Di Jepang


6. Otsukare-sama

Kata otsukare-sama biasanya digunakan pada saat seseorang telah selesai mengerjakan suatu pekerjaan. Tidak ada kata yang cocok dalam Bahasa Indonesia untuk mengartikan otsukare-sama. Kata ini jika diartikan ke dalam Bahasa Inggris menjadi “thanks for the good work” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “terima kasih atas kerja kerasnya”.

Otsukare-sama desu (sc: https://cotoacademy.com/otsukaresama-desu)

Kalian ingin tau kata-kata unik lainnya ? Jangan Lupa belajar Bahasa Jepang di Tsubomi House ya!

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Ruko Puri Gunung Anyar Regency Blok R-7

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com