top of page

Yaeba, Bentuk Daya Tarik Yang Unik Di Jepang

Yaeba atau gigi gingsul sebenarnya adalah sebuah kecacatan yang banyak diantara orang-orang ingin diperbaiki. Tetapi berbeda dengan Negara Jepang, wanita-wanita muda Jepang justru ingin membuat giginya gingsul dengan sengaja. Dengan cara memasang gigi palsu atau dengan melakukan operasi kecil pada bagian gigi yang ingin dibuat gingsul. Mengapa mereka melakukan ini?

Yaeba Girl (sc: gnezdiloff/Flickr)

Hal tersebut disebabkan menurut pandangan masyarakat baik dari negara sendiri maupun luar negeri, gigi yang sedikit gingsul adalah salah satu bentuk kecantikan, keimutan, serta daya tarik. Ada sebuah kalimat mengatakan, “Kesempurnaan dari yang Tidak Sempurna”, dan yaeba ini lah salah satu contoh bukti dari kalimat tersebut.



Menurut Yasutaka Maekawa dalam bukunya berjudul Yaeba Girl, dia mengatakan bahwa masyarakat Jepang memiliki konsep Wabi. Dalam konsep tersebut mengajak kita melihat sebuah keindahan dalam ketidak sempurnaan. Kemudian Wabi bisa juga diterapkan pada benda maupun orang. Dalam kasus ini yaitu yaeba adalah salah satu objek dari wabi.

Tomomi Itano, Vokalis AKB48 yang memiliki Yaeba (miraiakira213~Flickr)

Ada yang mencoba memasang gingsul di gigi kalian? Siapkan duit sekitar 31.000 yen ya, atau sekitar 4 juta rupiah tergantung kurs pada hari itu. Cukup mahal untuk sebuah kecantikan / kosmetik. Tetapi tidak sedikit orang yang tanpa ragu melakukannya hanya untuk terlihat cantik / menarik.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

bottom of page