Undoukai (運動会) Festival Olahraga tahunan di Jepang, dan Maksud Dibalik Acara Tersebut.


Di Jepang memang terkenal dengan banyaknya Festival setiap tahunnya, dan Undoukai merupakan salah satu festival tahunan wajib yang dirayakan di Jepang. Undoukai (運動会) merupakan Festival Olahraga, yang mana dalam acara ini akan diakan perlombaan olah raga. Acara ini dilaksanakan dengan Formal, dari jenjang TK sampai perguruan tinggi. Pada jenjang TK SD orang tuapun turut serta datang untuk memeriahkan acara ini.


Undokai di Jepang diselenggarakan dengan persiapan yang sangat rapi dan teratur. Tradisi undokai sudah mengakar lama di Jepang. Konon dimulai sejak era Meiji. Festival ini dirayakan biasanya saat akan masuk musim panas sektar bulain Mei - Juni, ada juga bulan September - Oktober, dan yang mengadakan adalah sekolah-sekolah terutama sekolah SD dan SMP. Semua murid akan berpartisipasi dalam festival ini, dan tentu saja akan menyenangkan baik yang mengikuti lomba dan yang memberi semangat.


Baca Juga: Hari Kucing di Jepang "Nyan Nyan Nyan Day"


Kami pernah mengikuti Undoukai, dan ini merupakan kegiatan yang menyenangkan terutama ketika bekerja sama dengan adik/ kakak kelas dalam lomba, apalagi mendengar sorak-sorak para pendukung dan penonton~ Seperti mengikuti Olimpiade meskipun dalam skala kecil perlombaan Olahraga. Namun tahukah kalian, bahwa ada maksud dibalik diadakannya Undokai? Salah satu maksud tersebut ada kaitannya dengan terbentuknya pemikiran di kalangan orang Jepang tentang kejasama tim.

Dalam Festival ini anak-anak akan diajari 'bekerja sama' dalam tim dan pentingnya 'mendukung' sesama kawan, dan menikmati lomba tanpa harus memikirkan menang dan kalah. Setiap siswa di tim undokai tidak menonjolkan diri sendiri. Jika berhasil, itu adalah berkat kerjasama tim. Apabila gagal, mereka merasa kurang berbuat baik bagi tim.


Baca Juga: Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa dari Pemerintah Jepang


Hal ini nampaknya terbawa sampai dewasa. Orang Jepang dalam bekerja selalu kolektif dan mendahulukan tim. Saat memperkenalkan diri misalnya, dalam bahasa jepang mereka akan mengatakan: ”Tanaka no Honda desu”, saya Tanaka dari Honda. Orang Jepang ketika memperkenalkan diri akan menyebutkan afiliasi / tempat bekerja di belakang nama mereka.


by: Tsubomi House TLC

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jl. Wisma Tirta Agung Asri II / 108,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com