top of page

Three Gorges Dam, Bendungan Air Yang Mampu Memperlambat Rotasi Bumi

Three Gorges Dam adalah sebuah bendungan air terbesar di dunia. Bendungan ini berada di negara China, tepatnya Distrik Yiling, Yichang, Provinsi Hubei. Bendungan ini mulai dibangun sekitar akhir tahun 1994 dan mulai pengisian air sejak tahun 2003. Namun 2009 baru bisa beroperasi dengan normal. Kenapa bisa selama itu? Hal tersebut karena banyaknya jumlah air yang bisa di tamping oleh bendungan ini yakni sekitar 39km kubik. Kalau bingung seberapa besar km kubik itu, kita ganti ke Kg saja, kurang lebih sekitar 39 Triliun Kg air. Banyak banget gak tuh.

Three Gorges Dam (sc: seth rosenblatt/Flickr)

Lalu apa hubungannya dengan memperlambat rotasi bumi? Untuk menjawabnya ada sangkut pautnya dengan hitungan matematika dan fisika. Singkatnya begini saja, apabila ada beban yang sangat besar yang berada di posisi jauh dari inti bumi, maka rotasinya akan memperlambat dengan sendirinya. Nah, posisi bendungan ini mampu menampung air sebesar 39 Triliun Kg dan bisa menampung sampai ketinggian 175meter diatas permukaan laut. Karena besar dan banyaknya itulah yang mampu memperlambat rotasi bumi. Kalau di Bahasa Fisikanya, hal itu disebut Kekekalan Momentum Putar.

Three Gorges Dam China (sc: Steven Paul/Flickr)

Sekarang pertanyaannya, jika bendungan ini mampu memperlambat rotasi, seberapa lama atau mampu memperlambat berapa detik? Karena waktu yang kita rasakan dalam 1 hari tidak jauh berbeda sekitar 23 jam 56 menit (dibulatkan menjadi 24 jam). Jawaban atas pertanyaan itu adalah 0.00000006 detik. Lah kok cuma segitu? Tentu saja karena besarnya diameter bumi kita yang tercinta ini sangat besar. Bagaimana lambat banget kan? XD

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Comments


Check our Instagram

bottom of page