• Dewa Arya Putra

Beipanjiang, Jembatan Tertinggi Di China

China adalah negara yang layak disebut sebagai Negara Adidaya. Baik dari segi ekonomi, infrastruktur, konstruksi bangunan dan lain-lain, memiliki sesuatu yang khas, ikonik, dan sensasional. Kali ini kita akan membahas mengenai konstruksi bangunan negara China atau lebih tepatnya konstruksi jembatan. Karena China adalah negara yang memegang rekor dengan Jembatan Tertinggi Di Dunia. Jembatan tersebut bernama Beipanjiang.

Jembatan Beipanjiang (sc: Ray Mahoney 马汉年/Flickr)

Baca Juga: Matahari Buatan China Ini 10x Lebih Panas Dari Matahari Asli


Jembatan Beipanjiang berada di Barat Daya China. Jembatan ini juga sudah beroperasi dengan baik sejak 2016 lalu. Ketinggian jembatan ini bisa mencapai sekitar 570m dan membentang sepanjang 1,3km. Kabarnya mereka membutuhkan sekitar 3 tahun untuk membangun jembatan tertinggi di dunia ini. Tentu saja biaya untuk membangunnya tidaklah murah, biaya konstruksinya bisa mencapai 1 miliar Yuan atau sekitar 1,9 triliun Rupiah.

Beipanjiang Bridge (sc: HighestBridges/Flickr)

Baca Juga: Setelah Matahari Buatan, China Juga Akan Buat Bulan Yang 8x Lebih Terang Dari Bulan Asli


Tujuan Jembatan Beipanjiang ini dibangun adalah untuk mempersingkat jarak antara Liupanshui di Provinsi Guizhou dan Xuanwei di Provinsi Yunnan. Awalnya mereka membutuhkan sekitar 5 jam perjalanan, tapi dengan adanya jembatan ini perjalanan tersebut dipersingkat menjadi 2 jam saja. Jembatan ini sangat membantu para warganya yang bepergian di antara 2 tempat tersebut.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram