Sumiyoshi Matsuri, Salah Satu Festival Musim Panas Terbesar di Osaka!

Sumiyoshi Matsuri

Perayaan Sumiyoshi Maysuri yang sedang berlangsung (by Hajime Nakano sc: https://flic.kr/p/59VyRp

Sumiyoshi Matsuri adalah satu diantara tiga festival musim panas terbesar di wilayah Osaka. Dua festival lainya bernama Tenjin Matsuri dan Ikutama Natsu Matsuri. Sumiyoshi Matsuri dilaksanakan setiap setahun sekali dan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 30 Juli hingga 1 Agustus yang mana pada tanggal tersebut merupakan puncak musim panas di Jepang. Festival ini diadakan di Kuil Sumiyoshi Taisha, daerah Osaka. Menurut sejarahnya, awal mula festival ini diadakan pada zaman Muromachi dengan tujuan untuk meminta perlindungan dari marabahaya dan perlindungan dari wabah penyakit. Festival ini dianggap sebagai “sumber semangat” bagi masyarakat sekitar di musim panas.


Baca Juga: Tenjin Matsuri, Festivalnya Dewa Sugawara Michizane

Wanita yang sedang melakukan prosesi Ritual Nagoshi Harai Shinji

Jadwal Festival

Puncak acara ini disebut Nagoshi Harai Shinji yang dilakasanakan pada tanggal 31 Juli (Hari kedua Sumiyoshi Matsuri) mulai pukul 17.00. Ritual Nagoshi Harai Shinji ini melibatkan anak-anak dan wanita. Mereka akan menggunakan pakaian khas zaman Muromachi dari abad ke 14, kemudian mereka berjalan kaki berkeliling kota sambil menampilkan tarian yang bernama Chinowa Kuguri. Tarian tersebut terlihat unik karena berpakaian khas Muromachi sambil menari menggunakan semacam hula-hoop di pinggang mereka. Pengunjung juga bisa ikut bergabung dalam ritual ini untuk berdoa mendapatkan kesehatan. Pengunjung juga bisa menyewa pakaian tradisional yang ada di toko sekitar kuil.


Pada hari berikutnya pada tanggal 1 Agustus, kita bisa melihat parade Mikoshi (kuil portabel/miniatur kuil) dan kereta kekaisaran yang berkeliling kota Osaka. Parade Mikoshi ini dimulai dari Kuil Shukuin Tongu Shrine pada pukul 14.00 sampai dengan sore hari. Orang yang mengangkat Mikoshi tersebut bersama-sama dengan para penduduk lainnya, mereka berteriak “BERA! BERA! BERA” sebagai kata semangat musim panas.


Baca Juga: Obon, Festival Menyambut Arwah


Bagaimana Cara Menuju Kuil Sumiyoshi Taisha

Untuk sampai di Kuil Sumiyoshi Taisha akan memakan waktu total sekitar 30 menit saja. Salah satu cara untuk menuju ke Kuil tersebut adalah dengan menggunakan kereta. Kalian dapat berangkat dari Stasiun Osaka menggunakan kereta Osaka Loop Line kemudian turun di Stasiun Shinimamiya sekitar 20 menit). Setelah itu kalian harus melanjutkan perjalanan ke Stasiun Sumiyoshi Taisha dengan kereta lokal Nankai sekitar 5 menit lamanya. Ketika sudah tiba di Stasiun Sumiyoshi Taisha, kita tinggal berjalan kaki saja sekitar 5 menit ke arah timur sampai terlihat pintu masuk Kuil Sumiyoshi Taisha.

Sumiyoshi Taisha Jinja (by Kimon Berlin sc: https://flic.kr/p/8ZZgms)

Bagaimana? apakah kalian penasaran bagaimana kemeriahan perayaan Sumiyoshi Matsuri? berikut adalah video cuplikannya:

Nah, diatas adalah informasi mengenai Sumiyoshi Matsuri, kalau kalian ingin berkunjung ke Jepang suatu saat nanti jangan lupa belajar bahasa Jepang dulu ya biar tidak bingung ketika berada di sana, hhe..


Baca Juga: Jalan Ber-Melodi Di kota Nago, Jepang

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)


12 tampilan

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Ruko Puri Gunung Anyar Regency Blok R-7

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com