top of page

Kung Fu: Seni Bela Diri China yang Menembus Mancanegara



Kung fu merujuk pada seni bela diri China serta sering juga disebut wushu dan quanfa. Seni bela diri China digunakan sebagai pembelajaran atau pelatihan untuk kesabaran, kekuatan, dan koordinasi waktu. Makna asli dari kung fu lebih condong digunakan untuk menunjukkan ketertiban perilaku atau pencapaian kemampuan selalu diikuti oleh kerja keras dan latihan.


Banyak sekali macam bentuk dari kung fu seperti, Shaolin Kung Fu, Wing Chun, Tai Chi, dan masih banyak lainnya yang dipelajari di seuruh dunia. Setiap bentuk dari kung fu memiliki aturan dan teknik masing-masing, tetapi yang diketahui dengan baik adalah kung fu memiliki banyak gerakan tipuan dan kecepatan yang berasal dari kata kung fu itu sendiri.


Seni bela diri China juga bisa ditemukan di banyak budaya populer. Dahulunya, influenser dari seni bela diri China sering ditemukan dalam buku ataupu acara pagelaran seni se-Asia sebagai perwakilan China. Akhir-akhir ini, para influenser ini memperluas langkahnya ke dalam film atau serial televisi. Hal ini digunakan untuk menargetkan penonton yang lebih banyak. Hasil dari kegiatan ini adalah seni bela diri China telah dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat.


Pada zaman modern, Kung fu juga sering ditemukan dalam opera ataupun drama musikal. Opera dan drama musikal bertemakan kung fu mendapat banyak respon positif dan memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu, kung fu kemudian diangkat menjadi genre film di China. Film bertemakan kung fu mulai menunjukkan popularitasnya di tahun 1970-an di tangan aktor ternama yaitu Bruce Lee. Setelah itu, muncul aktor seni bela diri lain seperti Jackie Chan, Jet Li, dan Donnie Yen yang membuat film genre kung fu semakin diminati banyak penonton. Jackie Chan sendiri selalu menambahkan unsur komedi dalam gaya bertarungnya di film.


Pada tahun 1970-an, Bruce Lee mulai mendapat perhatian di Hollywood atas keterampilannya di film bela diri. Kesuksesannya semakin naik di tahun 1973 dengan dirilisnya film dengan genre kung fu yang berjudul “Enter The Dragon” di Amerika. Film ini menjadi film dengan genre kung fu pertama di Amerika yang mendapat popularitas tinggi.


Perjalanan kung fu dari seni bela diri menjadi genre di beberapa opera, drama, film, dan series cukup panjang. Saat ini, kung fu bisa ditonton dimanapun, dan dapat dipejari dimanapun. Kung fu juga bisa dipelajari oleh siapapun, dan dari negara manapun. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir untuk siapapun yang ingin belajar melakukan kung fu.



Bagi para pembaca yang tertarik dengan budaya Tiongkok lainnya, bisa belajar secara lebih mendalam di Tsubomi House loh! Tidak cuma budaya Tiongkok, ada juga budaya (dan tentunya bahasa) Jepang, Inggris, serta Arab.


Penulis: Vidya Surya Indah

Editor: Daffa Ramadhan


Comments


Check our Instagram

bottom of page