• Dewa Arya Putra

Kotatsu, Meja Yang Paling Dibutuhkan Saat Musim Dingin Di Jepang

Kalau musim dingin sudah datang, apalagi di daerah utara Jepang yang suhunya bisa mencapai -20 derajat biasanya bakalan sering pakai barang yang 1 ini. Namanya adalah Kotatsu. Kotatsu merupakan sebuah penghangat yang diletakan di bawah meja. Agar lebih hangat meja itu biasanya diberi kain semacam selimut yang tebal.

Kotatsu dengan teh hangat (sc: Marieve 瑞香 Inoue/Flickr)

Baca Juga: Bian Lian (变脸) , Seni Berganti Topeng Dalam Kesenian Drama Tiongkok Kuno


Desain umumnya meja untuk lesehan atau duduk di bawah. Tapi ada juga yang model ada tempat duduknya. Kebanyakan orang lebih memilih lesehan karena bisa rileks saat duduk. Lebih rileks lagi kalau di temani dengan camilan-camilan ringan dan minuman hangat seperti coklat hangat atau teh hangat. Terkadang mereka juga makan rebusan (nabe) bersama keluarga. Karena saat musim dingin memang lebih nikmat kalau menikmati hidangan yang hangat.

Bahkan kucing pun merasa nyaman dalam kotatsu (sc: Marieve 瑞香 Inoue/Flickr)

Biasanya kalau sudah masuk ke dalam kotatsu, orang-orang akan malas melakukan apapun bahkan keluar dari kotatsunya mereka agak malas. Ya karena dinginnya cuaca di sana. Selain berfungsi menghangatkan, fungsi kotatsu bisa dialih fungsikan sebagai meja tamu saat musim panas. Jadi kalau musim dingin, bagian bawah meja kotatsu dipasang penghangat, kemudian saat musim panas penghangat tersebut dilepas dan dirubah menjadi meja biasa. Cukup unik pemanfaatan perabotannya ya.

(by: Dewa Arya Putra - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram