“INEMURI” Seni tidur di Jepang


Budaya Inemuri di Jepang
Para pekerja kantoran yang melakukan Inemuri sc: hiroo yamagata/Flickr

Inemuri 居眠りberasal dari kata 居 (ciri khas, hidup) dan 眠い ( mengantuk, tidur ), inemuri secara harfiah adalah keadaan dimana anda tertidur secara tidak sengaja, kebanyakan para masyarakat Jepang ketiduran di tempat umum seperti halte, trotoar, dalam supermarket, di tangga jalan umum dalam kendaraan umum, dalam ruang kantor bahkan di saat jam sibuk, namun unik nya adalah para masyarakat Jepang sangat toleran dengan adanya hal tersebut. Terkadang mereka memang sengaja untuk tidur sembari menunggu kendaraan umum mereka tiba. Inemuri juga sangat bermanfaat bagi para pekerja untuk mengembalikan tenaga dan membuat tubuh menjadi lebih segar kembali tanpa harus pergi ke suatu tempat agar bisa istirahat, mereka cukup tidur ditempat dan saat itu juga, sehingga dapat memanfaatkan ke efisienan waktu.


Baca Juga: Peringatan "Yama no Hi" Hari Gunung di Jepang

Fakta fakta yang akan membuat anda tercengang oleh budaya Inemuri ini adalah:

  1. Barang yang mereka tinggalkan saat mereka tertidur di tempat umum tidak akan hilang, karena tingkat kejahatan di Jepang sangat rendah sekali.

  2. Inemuri adalah sebagai bukti bahwa masyarakat Jepang sangatlah giat dan total dalam bekerja sehingga waktu untuk istirahatpun sering kali digunakan untuk tetap bekerja.