“INEMURI” Seni tidur di Jepang


Para pekerja kantoran yang melakukan Inemuri sc: hiroo yamagata/Flickr

Inemuri 居眠りberasal dari kata 居 (ciri khas, hidup) dan 眠い ( mengantuk, tidur ), inemuri secara harfiah adalah keadaan dimana anda tertidur secara tidak sengaja, kebanyakan para masyarakat Jepang ketiduran di tempat umum seperti halte, trotoar, dalam supermarket, di tangga jalan umum dalam kendaraan umum, dalam ruang kantor bahkan di saat jam sibuk, namun unik nya adalah para masyarakat Jepang sangat toleran dengan adanya hal tersebut. Terkadang mereka memang sengaja untuk tidur sembari menunggu kendaraan umum mereka tiba. Inemuri juga sangat bermanfaat bagi para pekerja untuk mengembalikan tenaga dan membuat tubuh menjadi lebih segar kembali tanpa harus pergi ke suatu tempat agar bisa istirahat, mereka cukup tidur ditempat dan saat itu juga, sehingga dapat memanfaatkan ke efisienan waktu.


Baca Juga: Peringatan "Yama no Hi" Hari Gunung di Jepang

Fakta fakta yang akan membuat anda tercengang oleh budaya Inemuri ini adalah:

  1. Barang yang mereka tinggalkan saat mereka tertidur di tempat umum tidak akan hilang, karena tingkat kejahatan di Jepang sangat rendah sekali.

  2. Inemuri adalah sebagai bukti bahwa masyarakat Jepang sangatlah giat dan total dalam bekerja sehingga waktu untuk istirahatpun sering kali digunakan untuk tetap bekerja.

  3. Tertidur di tempat kerjapun di perbolehkan, berbeda dengan negara lain yang tidak memperbolehkan tertidur di tempat kerja.

  4. Posisi tidur Inemuri sangat unik dan menarik, ada yang sambil berdiri, jongkok hingga menyenderkan kepalanya di tangga umum.

  5. Kebanyakan para Pelaku Inemuri adalah para senior, karena para junior akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap terjaga, semangat dalam sepanjang hari agar di anggap memiliki stamina yang kuat dan semangat tinggi.

  6. Perempuan yang tidur di sembarang tempat dengan posisi tidur kaki terbuka di anggap kurang pantas.

  7. Masyarakat Jepang bangga dengan adanya budaya Inemuri, karena akan dikenal sebagai bangsa pekerja keras.

  8. Shibuya dan Shinjuku adalah kota yang paling banyak terjadi fenomena inemuri.

sc: Vin on the move/Flickr

Baca juga: Obon, Festival Menyambut Arwah


Jadi bagi kalian-kalian yang akan mengunjungi Jepang jangan kaget ataupun heran jika kalian menjumpai orang tetidur di tempat umum, yah. Lalu kenapa masyarakat Jepang menjadikan Inemuri sebagai budaya? Karena moto orang jepang Lebih baik tidur sebentar darpada mati kelelahan.

Cuplikan video Inemuri di sebuah kereta di Tokyo:


(by: Mey-Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jl. Wisma Tirta Agung Asri II / 108,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com