• Dewa Arya Putra

Festival Uesugi, Festival Yang Penuh Dengan Nilai Sejarah Jepang

Diantara kalian ada yang pernah mendengar nama Takeda Shingen / Hironobu Takeda? Atau mungkin Uesugi Kenshin / Nagao Kagetora? Kalau belum pernah biar mimin kasih tau. Mereka berdua adalah kubu yang turut perang pada pertempuran Kawanakajima pada tahun 1553 sampai dengan 1564. Sekitar 11 tahun perang tersebut berlangsung.

Baca Juga: Poster Lucu Yang Pakai Bahasa Inggris


Konon katanya kelompok tantara Uesugi Kenshin mengerahkan 8.000 orang pada awal perang sedangkan kelompok Takeda Shingen mengerahkan 10.000 orang. Tahap perang berikutnya pihak Uesugi mengerahkan 10.000 sedangkan Takeda sekitar 23.000 orang. Tahap berikutnya kelompok Uesugi mengerahkan 13.000 sedangkan Takeda 20.000 orang. Jika dilihat dari totalnya saja sudah cukup banyak untuk kedua belah pihak. Tidak heran kalau perang ini membuat korban meninggal terbanyak.

Baca Juga: Rental Kanojo, Fenomena Bisnis Bidang Baru "Jasa Pacar Sewaan" Di Jepang


Lalu sisi Festivalnya di mana? Pihak pemerintah Jepang menyelenggarakan sebuah Festival yang mengingat Perang Kawanakajima ini dengan cara membuatnya seperti drama. Semua orang bisa berpartisipasi dalam “drama” ini tetapi tentu saja tidak gratis. Dibutuhkan sekitar 10.000 yen (Rp. 1.300.000) untuk berpartisipasi. Kalian akan mendapatkan kostum Zirah Samurai Jepang dan sebuah bilah pedang plastik dan kayu. Festival ini diadakan di Provinsi Yamanashi.

Apa? Kalian tidak punya uang untuk ikut serta? Tenang saja kalian juga bisa menonton secara dekat. Jadi tidak kalah menarik bukan. Dan kalian bisa merasakan seolah-olah dalam perang besar itu sendiri. Walaupun pesertanya sekitar ratusan orang per grup.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)


Check our Instagram