Dong Zhi Jie, Festival Rondenya Masyarakat Tionghoa
top of page

Dong Zhi Jie, Festival Rondenya Masyarakat Tionghoa

Dong Zhi Jie (冬至节) merupakan festival yang menandakan awal musim dingin atau masuknya musim dingin. Karena secara harfiah arti dari dong zhi jie adalah festival titik balik musim dingin. Festival ini diadakan pada tanggal 22 Desember. Umumnya tanggal 22 Desember adalah hari ibu, tetapi di China tanggal 22 Desember adalah festival dong zhi jie.

Ronde China (sc: tyenews.com)

Mengapa kok disebut festival ronde? Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki budaya memakan hidangan yang mirip dengan ronde Indonesia. Hanya saja bola-bolanya memiliki warna yang cerah seperti hijau, merah, kuning, dll. Masyarakat Tionghoa menyebut hidangan tersebut dengan nama Tang Yuan. Tang yuan dibuat dengan warna-warna yang cerah tentu saja bukan tanpa alasan. Mereka membuat demikian karena hal tersebut melambangkan keutuhan keluarga dan datangnya rezeki untuk seluruh penghuni rumah.

Tang Yuan (sc: m.hmz.com)

Cara menyantap hidangan Tang Yuan pun terbilang cukup unik. Sebagian orang menggunakan aturan untuk satu orang setidaknya memakan 1 bola tang yuan berukuran besar dan beberapa tang yuan berukuran kecil. Sebagian orang lainnya menggunakan aturan untuk satu orang harus memakan bola tang yuan sesuai dengan jumlah umurnya ditambah satu bola lagi. Hal tersebut melambangkan bahwa setiap penghuni rumah diharapkan berumur panjang. Coba bayangin kalau salah satu keluarganya sudah berumur cukup tua sekitar 60-70 tahun. Apa tidak kekenyangan orang itu makan 60-70 bola tang yuan? 😅

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

bottom of page