top of page

Asal Muasal Nama Negara Inggris Atau England

Seperti yang kita tahu Inggris atau England adalah salah satu negara bagian dari Britania Raya. Selain England, 3 negara lain yang Bersatu adalah Irlandia Utara, Skotlandia, Wales. Sebagian besar dari wilayah England adalah bagian tengah dan selatan Britania Raya. Selain itu England juga mencakup lebih dari 100 pulau-pulau kecil seperti Isles of Scilly dan Isle of Wight.

Peta UK (sc: Republika.co.id)

Ada yang tau nama England itu berasal? Nama England berasal dari Bahasa Inggris kuno yaitu Engla land yang berarti tanah Angles. Kemudian Angles adalah nama salah satu suku Jermanik yang pernah menetap di Britania Raya sekitar Abad Pertengahan. Berdasarkan Kamus Oxford English Dictionary, kata England ini digunakan untuk merujuk pulau Britania Raya yang ada di bagian selatan. Penyebutan pertama terjadi pada tahun 897, kemudian ejaan modernnya digunakan pertama kali pada tahun 1538.

Pemandangan England Malam Hari (sc: Pedro Szekely/Flickr)

Nama lain atau alternatif untuk England adalah Albion, tetapi kata ini digunakan untuk menyebutkan seluruh pulau Britania Raya. Menurut cacatan sejarah, awal penggunaan nama Albion ini muncul dalam salah satu kara Aristoteles berjudul Corpus Aristotelicum pada abad ke 4 sebelum masehi. Kata Albion (Ἀλβίων) kemungkinan memiliki 2 asal usul.

Pertama dari Bahasa Latin yakni Albus yang memiliki arti putih. Nama tersebut merujuk pada tebing putih Dover yang dapat terlihat dari daratan Eropa. Kemudian kemungkinan yang kedua, berasal dari frasa dalam manuskrip Massaliote Periplus. Pada manuskrip tersebut tertulis “Albiones” untuk merujuk Britania Raya pada zaman itu.

Patung King Arthur Di Tintagel Castle Cornwall England (sc: Paul Langton/Flickr)

Selain Albion, England juga disebut Loegria. Kata ini berasal dari Bahasa Wales yaitu Lloegr (dibaca Loegria). Penggunaan kata ini dipopulerkan oleh legenda Raja Arthur. Raja Arthur adalah seorang raja legendaris dalam Britania Raya. Dia memegang pedang yang memiliki kekuatan ajaib bernama Excalibur.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

bottom of page