• Dewa Arya Putra

Arsitektur Bangunan Di China

Sebelumnya kita sudah membahas bangunan china yang dianggap sebagai jembatan tertinggi yaitu Beipanjiang. Kali ini kita akan membahas sesuatu yang unik dari arsitektur bangunan China. Beberapa diantarai kalian apa yang kalian pikirkan ketika ditanya mengenai arsitektur bangunan China? Mungkin ada yang mengatakan “kebanyakan didominasi oleh warna merah”, “bangunannya megah”, dll kan. Memang benar itu semua. Tetapi jangan lupa kalau China selalu memiliki suatu hal yang khas atau berbeda dari yang lain.

The Big Pants Building (sc: Toni Shi/Flickr)

Baca Juga: Matahari Buatan China Ini 10x Lebih Panas Dari Matahari Asli


Misalnya dari segi arsitektur bangunan. Terkadang sesuatu yang unik bisa berubah menjadi aneh dan berujung menjadi sesuatu yang negatif. Misalnya bangunan pencakar langit yang dibuat di negara China. Bentuk rupanya sangat aneh-aneh, mulai dari bentuk koin bulat, celana, bahkan menyerupai kelamin pria

Bangunan Yang Berbentuk Seperti Anunya Laki-laki (sc: kompas.com)

Baca Juga: Setelah Matahari Buatan, China Juga Akan Buat Bulan Yang 8x Lebih Terang Dari Bulan Asli


Karena terlalu anehnya, Presiden China Xi Jinping memberikan kritik keras untuk arsitektur bangunan tersebut. Beliau sampai menekankan bahwa tidak ada nada lagi arsitektur yang lebih aneh setelah Gedung pencakar langit yang menyerupai “Anu”nya laki-laki itu. Beliau juga memberikan kritik untuk Gedung pencakar langit di Guangzhou yang berbentuk seperti donat raksasa. Beliau menekankan bahkan bisa dikatakan mendesak para arsitek Gedung komersial agar tidak lagi mengorbankan nilai-nilai seni dan moral hanya untuk sekedar mendapatkan untung saja.

Gedung Koin di Guangzhou (sc: Okezone.com)

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram