• Dewa Arya Putra

Ardah, Tarian Pedang Asal Arab Saudi

Setelah kemarin membahas mengenai tarian tradisional yang menggunakan senjata, kali ini ada 1 lagi tarian asal arab yang menggunakan senjata untuk tariannya. Nama tariannya adalah Ardah dan mereka menari menggunakan pedang. Mereka mengatakan tarian ini merupakan salah satu warisan budaya kebangsaan Arab Saudi dan sampai sekarang masih dilestarikan.

Persiapan Untuk Menari Ardah (sc: Qatar Airways/Flickr)

Baca Juga: Taasheer, Tarian Tradisional Arab Saudi Yang Menggunakan Senapan Api


Tarian Ardah berasal dari Kawasan Najd negara Arab Saudi. Para penari biasanya menggunakan jubah dengan sulaman yang khas bernama Daghla. Biasanya orang-orang yang menari adalah orang-orang yang memiliki perawakan gagah. Para penari akan diiringi tabuhan music tradisional yang disebut Tasfiq. Masing-masing daerah memiliki perbedaan yang menunjukan ciri khas tarian Ardah mereka.

Penari Ardah (sc: Genek´s cards/Flickr)

Seperti daerah Hijaz, di sana mereka menampilkan puisi khas Arab Andalusia, jadi seperti musikali sasi puisi. Kemudian di Mekah dan Madinah, mereka menggunakan puisi dan lagu yang menceritakan tentang sejarah penyebaran Islam ke seluruh dunia. Tarian ini biasanya diadakan ketika ada momen yang special seperti Idul Fitri dan tamu undangan, seperti pada saat president Amerika Serikat Donald Trump pergi mengunjungi Arab Saudi.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram