• Dewa Arya Putra

Taasheer, Tarian Tradisional Arab Saudi Yang Menggunakan Senapan Api

Tarian tradisional yang menggunakan piring? Ada di Indonesia. Kalau topeng? Ada juga di Indonesia sama China. Terus bagaimana kalau senapan api? Aneh kan, tarian yang menggunakan senapan api. Tarian tradisional ini ada di negara Arab Saudi. Tarian tersebut bernama Tasheer. Mereka benar-benar menggunakan senapan api laras panjang. Apakah tidak berbahaya? Sejauh ini sepertinya tidak ada korban ya. Karena di senapan tersebut hanya dimasuki bubuk mesiu saja dan tidak ada pelurunya sehingga hanya mengeluarkan percikan api ketika ditembakkan.

Baca Juga: Haji Umar Ryoichi Mita, Seorang Keturunan Samurai Yang Masuk Islam


Konon kabarnya, tarian ini dilakukan sebelum pertempuran pada jaman dulu untuk memotivasi para pejuang dan menanamkan ketakutan dihati musuh lantaran suara tembakan yang silih berganti. Tetapi saat ini tarian Tasheer menjadi sebuah tarian yang dibawakan pada acara-acara seperti festival local dan acara pernikahan.

Mereka menari dengan bertelanjang kaki dan menggunakan semacam sorban di kepalanya. Mereka menari mengikuti musik tradisional yang dilantunkan. Mereka melompat-lompat dengan lutut yang berdekatan, dan ketika mereka melompat setinggi mungkin, senapan tersebut akan diarahkan ke bawah dan ditembakkan ke tanah. Coba kalian saksikan video dari YouTube di bawah ini:

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram