top of page

Apa bedanya UK, Britain, dan England?

“UK, Britain, British, Britania Raya….. Apa bedanya?” Mungkin pertanyaan tersebut pernah terbesit di kepala pembaca, namun selalu lupa untuk mencari tahu. Oleh karena itu, mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk menerangkan perbedaannya, jadi silahkan simak lebih lanjut!


UK


UK adalah negara berdaulat yang berada di sebelah barat laut dari lepas pantai Eropa. Nama UK merupakan singkatan dari “United Kingdom” (Persatuan Kerajaan). Lalu… Kerajaan apa saja yang menjadi anggota UK? Anggotanya adalah Kerajaan Britania Raya dan Kerajaan Irlandia Utara. Kalau dianalogikan, UK sama seperti USA (United States of America), dimana negaranya terdiri beberapa negara-negara bagian atau state (kalau dibandingkan dengan Indonesia mirip seperti provinsi, namun lebih bebas untuk membuat peraturan daerah). Perbedaannya, UK terdiri dari empat negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Masing-masing negara memiliki pemerintahan tersendiri untuk mengatur negaranya, akan tetapi masing-masing pemerintah di negara tersebut tunduk kepada sebuah sistem monarki, yaitu tunduk kepada Ratu Elizabeth II selaku kepala United Kingdom serta Inggris. Sama seperti USA, UK memiliki ibukota, yaitu London, sekaligus ibukota Inggris.


Great Britain


Great Britain (Britania Raya) bukan nama sebuah negara. Britania Raya adalah nama sebuah pulau yang terletak di sebelah Barat Laut dari Perancis serta Timur dari Irlandia. Kata ‘Great dalam Great Britain (Britania Raya) didapat dari fakta bahwa Britania Raya adalah pulau terbesar dalam kepulauan Inggris yang juga menaungi 3 negara, yaitu Inggris; Skotlandia; serta Wales. Nama ‘Britain dalam Great Britain berasal dari bahasa Roma “Britannia”.


British Isles


British Isles (Kepulauan Inggris) adalah nama sebuah kepulauan yang terletak di sebelah barat laut dari Eropa. British Isles terdiri Great Britain, Irlandia, Isle of Man, The Channel Islands, serta lebih dari 6.000 pulau kecil lainnya.



England


Sama seperti Wales dan Skotlandia, England (atau Inggris dalam bahasa Indonesia), adalah sebuah negara dalam United Kingdom. Inggris memiliki peran besar dalam pembentukan United Kingdom dan merupakan negara terbesar di dalamnya, baik itu secara luas maupun populasi. Ibukota Inggris merupakan ibukota yang sama dengan ibukota United Kingdom, yaitu London.


Masih bingung? Mungkin kesimpulan di bawah akan membuat pembaca untuk lebih mudah mengerti:


UK (United Kingdom) - Negara berdaulat yang merupakan gabungan dari 4 negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.


Great Britain - Nama sebuah pulau yang terletak di sebelah utara dari lepas pantai Eropa.


British Isles - Nama kepulauan (kumpulan pulau) yang menaungi lebih dari 6.000 pulau, salah satunya adalah Great Britain.


England (Inggris) - Nama sebuah negara dalam United Kingdom.



Seperti itu perbedaan antara UK, Britain, British Isles, serta England. Setelah membaca artikel ini, apakah pembaca paham? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian, ya. Omong-omong soal Inggris, apakah ada pembaca yang tertarik untuk mengunjunginya? Atau mungkin dalam artikel ini UK. Tidak ada salahnya bagi pembaca yang tertarik untuk mengunjungi UK belajar bahasa Inggris dan budayanya, lo! Lagipula, menambah ilmu merupakan hal yang bagus. Jadi, bagi para pembaca yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris serta budayanya dapat melihat lebih detail disini.


Penulis: Daffa Ramadhan

Editor: Daffa Ramadhan




Check our Instagram

bottom of page