top of page

The Great Wall China, Tembok Besar Yang Membentang Sepanjang Negara China

Siapa yang tidak tau tembok besar ini. Di SD atau SMP pastinya sudah diajari tentang 7 keajaiban dunia. Salah satunya adalah Tembok Besar China ini. Tembok ini sebenarnya memiliki banyak nama. Antara lain Barrier, Fortress, Rampant, Purple Frontier dan Earth Dragon. Kalau dilihat dari panjang dan besarnya tembok ini, nama-nama tersebut terlihat cocok.

Tembok Besar China Saat Musim Gugur Sore Hari (sc: Travel Center UK/Flickr)

Mitosnya, karena saking besar dan panjangnya tembok ini, kita bahkan bisa melihatnya dari luar angkasa dengan mata telanjang. Tetapi mitos tersebut sudah dipatahkan oleh para astronot. Lebih tepatnya para astronot tidak bisa membedakan warna tembok dengan objek lain disekitarnya. Selain itu tekstur dan warnanya pun mirip dengan warna tanah yang ada di sekitar tembok tersebut.

Pemandangan Great Wall China (sc: C.K. NG/Flickr)

Walaupun tidak dapat terlihat dengan jelas dari luar angkasa, tidak merubah fakta bahwa tembok ini tetap menjadi salah satu keajaiban dunia yang dibuat oleh manusia. Menurut “Mbah Google”, panjang tembok ini adalah 21.196 Km. Karena panjangnya itu, tembok besar china dinobatkan sebagai tembok terpanjang di dunia. Bahkan UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menobatkan tembok ini sebagai salah satu situs warisan dunia.

Pemandangan Gunung Dari Great Wall China (sc: James Mason/Flickr)

Awal mula tembok ini dibuat adalah saat Kaisar Qin Shi Huang sedang memimpin yakni sekitar abad 3 SM. Alasan pertama tembok ini dibangun dengan tujuan mencegah serangan dari masyarakat Nomaden (para pengembara). Kemudian pada masa-masa kaisar berikutnya, tembok besar china sedikit demi sedikit dibangun dan diperbaiki jika ada yang rusak. Perbaikan terakhir sempat dilakukan pada tahun 1950.

Panorama Musim Dingin Great Wall China (sc: SpirosK photography/Flickr)

Tidak semua bagian tembok ini diperbaiki karena terlalu panjang dan memerlukan banyak waktu apabila ingin memberbaikinya secara keseluruhan. Selain itu banyak juga bagian-bagian tembok yang semakin memburuk karena diabaikan selama berabad-abad. Alhasil banyak jalan yang dipotong karena terlalu berbahaya jika dilewati. Bagian yang terkenal dan kerap dikunjungi wisatawan adalah area Badaling, terletak 70km di barat laut Beijing.

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Comments


Check our Instagram

bottom of page